Terkait Penyeludupan,Petugas Pelabuhan Domestik Sekupang Saling Lempar Tanggung Jawab.

0
722

BATAM. Zonadinamika.Com Pelabuhan Domestik Sekupang diduga menjadi lokasi penyelundupan paling aman. Penelusuran zonadinamika.com ada ratusan kardus yang diduga berisikan minuman beralkohol maupun rokok yang mau diseludupkan ke pulau-pulau.

Barang-barang tersebut sudah dikemas dalam kardus (kotak) dan diletakkan di ponton oleh porter pelabuhan domestic sekupang, dengan cepat menaikkan ke kapal peri yang sudah stanbai. Sesuai pantauan tim media ini, barang tersebut lewat dengan leluasa dibawa porter dari pintu belakang tanpa ada pihak intansi yang mengawasi dipagi hari.

Aksi ini diduga sudah berlangsung lama Namun informasi yang diperoleh, modus yang digunakan menyelundupkan minuman dengan kapal. Pengiriman dengan menggunakan kardus.
“Biasanya minuman itu dikirimnya ke pulau-pulau, seperti ke Moro-Bengkalis, tembilahan dan Selat Panjang,” ujar salah seorang nara sumber yang dapat dipercaya dipelabuhan Domestik, Sekupang, Batam Kepri.

Kepala Syahbandar Komaruddin menjelaskan saat dikomfirmasi zona dinamika.com diruang kerjanya pada tanggal 17/03/2016, menyesalkan lemahnya pengawasan BC di Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS).

“Barang barang yang keluar dari Batam itu semua atas pantauan BC, kalau BC membiarkan barang tersebut masuk, kami tidak mungkin protes, dan kami ngak mungkin priksa dan membuka satu persatu barang tersebut, karena tugas saya menerima kapal yang masuk dan membrangkatkan kapal yang mau berangkat, jadi kalau ada barang barang terlarang atau barang tanpa dokumen, saya tidak tahu itu, jadi langsung saja pihak BC dikomfirmasi.

Kalau ada barang yang masuk kepelabuhan lewat pintu belakang , itu tanggunggung jawab Saker, karena Saker yang berwenang membuka dan menutup pintu belakang. Jadi saran saya Deni kapala Sakerlah yang dikomfirmasi. Jelas Komaruddin berdalih.

Deni Kapala Saker pelabuhan domestik Sekupang menjelaskan dengan nada emosi merasa dipojokkan oleh Komaruddin sabandar, memang saya yang bertanggung jawab membuka dan mengunci pintu belakang, saya membuka pintu tersebut ada alasanya, karena ada masuk barang seperti ikan, udang , daging, dll, kalau itu masuk dari pintu depan, airnya berteteran sehingga menimbulkan bau tak sedap, makanya pintu belakang tersebut kita buka, dikarenakan pintu belakang itu susah dibuka, dan berat.

Deni menambahkan, tetapi kenapa saya yang jadi dipojokkan, mulai sekarang saya akan menutup pintu itu trus, dan saya tidak terima kalau saya yang dipojokkan, lalu memanggil Komaruddin Sabandar, AIPTU Yuliswan Kapospol pelabuhan Sekupang, juga petugas Angkatan Laut, pada saat Deni langsung mempertemukan semua intansi yang bersangkutan terkecuali dari pihak BC, Komaruddin tidak banyak bicara, tetapi kembali melemparkan tanggung jawab terhada pihak BC.

Sesuai hasil investigasi awak media ini di pelabuhan domestic sekupang, petuga intansi dan petugas yang bersangkutan saling lempar tanggung jawab, diduga kuat, adanya kegiatan keluar masuknya barang barang terlarang dan barang tanpa dokumen ada kerja sama antara petugas yang bersangkutan dan pengusaha illegal.
Sampai berita ini diterbitkan, kepala POS BC Pelabuhan Sekupang belum dapat dikomfirmasi. (NGL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here