Mall Cikampek Tidak Memiliki IPAL, BPLH Ada Apa Dengamu?

0
1678

Karawang, Zonadinamika.com. Walaupun sudah di sidak oleh petugas Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Karawang pada 12 Maret 2015 lalu dan hasil sidak tersebut di pastikan Mall Cikampek belum memiliki IPAL atau Instalasi pengolahan air limbah (wastewater treatment plant).

Mall Cikampek yang di nyatakan menghasilkan air limbah domestic yang bersumber dari toilet,salon dan bahan kimia pencucian rambut dan kios rumah makan (restoran) dan termasuk food court.

Mall Cikampek yang berdiri sejak pada tahun 2004 hingga sekarang hanya memilki UKL,UPL AMDAL yang di terbitkan oleh Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLH) tanggal 10 Nopember 214.

Seperti diberitakan sebelumnya, (baca. www.zonadinamika.com Agustus 10, 2015 “Mal Cikampek Tidak meiliki Ipal, Coba Peras Tenant”) . Big Bos Mal Cikampek yang sebut-sebut bernama Nelson, ketika di konfirmasi seputar pengelolahan limba, yang bersangkutan agar hal tersebut di konfirmasi pada anak buahnya yang bernama Rachman.

Sama halnya pengakuan dari Rachman ketika di konfirmasi via telepon selulernya mengakui bahwa Mal Cikampek belum memliki IPAL, seraya mengaku bahwa pihaknya sudah berjanji pada pihak BPLH akan merencakan dua bulan setelah lebaran. “Ya kami sudah buatkan surat pada BPLH, bahwa dua bulan setelah lebaran akan merencakan pembuatan IPAL”.

Andi Winarno selaku Building Manager Mall Cikampek ketika di konfirmasi 29/2/2016 via pesan singkat, terkait belum di urusnya izin IPAL sejak dilakukan sidak oleh BPLH hingga saat ini, yang bersangkutan tidak memberikan jawaban, konfirmasi Zonadinamika.com.

Patut di curigai adanya pihak-pihak tertentu yang sengaja mendiamkan hal ini, sehingga upaya pengelolaan limbah domestic agar sesuai dengan standar baku mutu terabaikan dan di tenggarai akibat ulah oknum yang mengambil langkah pintas demi asal bapak senang.

Pihak BPLH dalam hal ini, layak di pertanyakan ada apa dan kenapa tidak ada tindak lanjut dalam sidak yang dilakukan?.

Menanggapi hal tersebut, anggota DPRD Karawang dari komisi C Hitler Nababan ketika di minta komentarnya di kantornya 01/03, pada zonadinamika.com mengatakan, temuan ini akan di bawah pada rapat komisi serta melakukan hearing dengan pihak BPLH, untuk mengetahui sudah sejauh mana perkembangan setelah pihak BPLH melakukan peninjauan dan menemukan bahwa pihak Mall Cikampek bisa bertahun-tahun tidak memiliki IPAL, dan hal ini tidak bisa di biarkan karena dampaknya merusak lingkungan.

“Temuan ini akan saya bawah pada rapat komisi serta melakukan hearing dengan pihak BPLH, ini tidak bisa di biarkan. Dan kami juga suatu saat akan melakukan sidak” kata Hitler. (Tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here