Data Tenaga Kerja Asing di PT.Dean Shoes, Tidak Singkron Dengan Dinas Pemerintah.

0
1194

Karawang-Zonadinamika.com. Ada kejanggalan akan jumlah Tenaga Kerja Asing (TKA) yang bekerja di PT.Dean Shoes. Hasil penyelusuran tiem Zonadinamika.com, baik dari lingkungan desa Mekarjaya dan Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Tranmigrasi dan kantor Imigrasi Kab Karawang, terungkap kejanggalan akan keberadaan TKA asal Taiwan yang bekerja di perusahaan PT. DEAN SHOES sebuah perusahaan PMA yang bergerak dalam bidang industri sepatu tersebut.

Agaknya ada Fatgulifat ala pihak managemen PT. Dean Shoes,terkait akan beradaan Tenaga Kerja Asing pihak managemen di diduga telah memanipulasi jumlah TKA,sehingga kuota TKA yang terdaftar di kantor Desa Mekarjaya dengan yang terdaftar di kantor Disnaker dan kantor Imigrasi Karawang tidak sama artinya ada selisih angka yang sangat siknifikan.
Informasi lain yang berhasil di terimah zonadinamika.com, selain adanya dugaan TKA illegal di PT. Dean Shoes dengan menyalagunakan Visa, juga banyak visa para TKA sudah tidak berlaku.

Dalam hal ini, pihak imigrasi dan bagian Pengawasan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Karawang, perlu ambil langkah terkait adanya dugaan penggunaan tenaga asing yang bekerja di perusahaan yang memproduksi sepatu itu untuk melakukan sidak.

Sebab, dugaan maraknya tenaga asing yang menyalagunakan identitasnya sudah lama tercium, dan hal inipun sudah perna di laporkan oleh pihak Desa Mekarjaya bahwa menurutnya data-data dari aparatur desa jumlah ekspatriat di perusahaan tersebut yang jumlahnya mencapai ratusan orang lebih dan diantaranya tidak mengurusi izin domisili bahkan di sinyalir banyak pemakai visa kunjungan namun bekerja di PT.Dean Shoes, artinya diduga adanya pelanggaran IMTA (Izin Mempekerjakan Tenaga Asing).

Laporan tersebut di sampaikan pada zaman Drs Daud Munasto, sebagai Kepala Bidang Pengawasan Disnakertrans Kabupaten Karawang, Namun bagaimana perkembangan atas laporan tersebut, hingga saat ini tidak ada tindak lanjutnya.

Kesimpangsiuran akan jumlah TKA di PT.Dean Shoes semakin terbuka, hasil penelusuran redaksi Zonadinamika.com di berbagai dinas terkait, terdapat data yang tidak singkron dengan data tenaga asing yang dilaporkan pada kantor Imigrasi Kabupaten Karawang.

Mr James Hsieh yang juga ekspatriat asal Taiwan yang sudah fasih berbahasa Indonesia ini kepada Zonadinamika.com 28/1 kator Desa Mekarjaya mengaku, tidak ada masalah soal TKA, semua aturan di jalankan,berapa jumlah keseluruhan, bisa komunikasi dengan bu Micha dan Lilis, jawab MR.James sambil menuju mobilnya.

Data yang terungkap dari Endy bagian humas kantor Imigrasi Karawang ketika di konfrimasi seputar jumlah TKA yang bekerja di PT.Dean Shoes per Desember,sebab per Januari belum di laporkan oleh pihak Dean Shoes, dan angka tersebutpun cukup mengangetkan, sebab tidak sesuai jumlah yang di nyatakan oleh Lilis dari pihak Managemen PT.Dean Shoes, bahwa jumlah TKA yang ada di PT.Dean Shoes saat ini hanya ada 46 orang.

Berbedah dengan keterangan Lilis yang menangani TKA di PT.Dean Shoes , bulan Januari sudah di laporkan .“Per Januari Jumlah TKA di PT. Dean Shoes saat ini mencapai 46 orang dan itu kita laporkan ke dinas terkait seperti Disnaker dan kantor Imigrasi” terang Lilis yang didampingi Micha bagian humas pada zonadinamika.com 1/2 .

Disinggung bahwa jumlah tersebut tidak sesuai data yang terdaftar di kantor Imigrasi dan Disnaker, Lilis yang terlihat akrab dengan jurnalis ini, mengatakan, pihaknya akan segerah mensingkronkan data tersebut, kamis atau jumat kita ketemu lagi untuk mensingkronkan data tersebut. Menyikapi atas keterangan tersebut, semakin jelas adanya dugaan tenaga asing yang bekerja di Dean Shoes yang di sembunyikan.

Sementara itu, Salah seorang sumber di lingkungan Polres Karawang pada zonadinamika.com mengatakan, bahwa soal Tenaga Kerja Asing (TKA) di PT. Dean Shoes membenarkan, bahwa soal dugaan banyak TKA sudah tidak asing lagi, bahkan oknum dari Polres Karawang sudah menyentuhnya atau sudah kondusif,makanya terlihat aman-aman saja. Kalau mau di ekspos tidak masalah biar pihak-pihak terkait bereaksi lagi. Kata salah seorang Polisi di Polres Karawang yang tidak mau di sebut jati dirinya. (bud/gus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here