Mal Cikampek Tidak Memiliki IPAL, Coba Peras Tenant

0
1736

KARAWANG, Zonadinamika.com. Kurang lebih 12 tahun berdiri kokoh dengan berlantai tiga Mal Cikampek, dan perputaran keuangan di dalamnyapun cukup signifikan. Sayang pihak pengembang yang di bawah naungan PT.Bina selaras Cipta Griya ini, berjalan semaunya tanpa mengindahkan akan keselamatan lingkungan dampak limbah yang di hasilkan dari para tenant.

Air limbah domestic yang mengadung kimia di Mal Cikampek yang berasal Toliet,Salon, Kios,Restoran, Food Court. Mal Cikampek sejak beridiri pada tahun 2004 hingga sekarang hanya memilki UKL,UPL AMDAL yang di terbitkan oleh Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLH) tanggal 10 Nopember 214.

Tanpa memiliki IPAL pihak pengelola anteng-anteng hanya mengejar keuntungan dari para tenant tanpa mengutamakan akan keselamatan banyak pihak termasuk keselamatan lingkungan. Bertahun-tahun selamat dari bidikan pemerhati lingkungan, pihak pengelola mal di duga ada kongkalikong dengan pihak pemerintah dalam hal ini BPLH,sehingga puluhan tahun tertutup rapih atas pelanggaran yang di perankan oleh pengelola.

Big Bos Mal Cikampek yang sebut-sebut bernama Nelson, ketika di konfirmasi seputar pengelolahan limba, yang bersangkutan agar hal tersebut di konfirmasi pada anak buahnya yang bernama Rachman.

Rachman ketika di konfirmasi via telepon selulernya mengakui bahwa Mal Cikampek belum memliki IPAL, seraya mengaku bahwa pihaknya sudah berjanji pada pihak BPLH akan merencakan dua bulan setelah lebaran. “Ya kami sudah buatkan surat pada BPLH, bahwa dua bulan setelah lebaran akan merencakan pembuatan IPAL”

Ditanya kenapa setelah puluhan tahun beroperasi baru sekarang berencana mengurus IPAL? Di ujung telepon Rachman mengatakan, bahwa pada dasarnnya pihaknya mengaku tidak mengetahui bahwa Mal cikampek tidak memiliki IPAL, karena selama ini bedah pengelolah jawabnya enteng.

Terkait adanya upaya pengurusan IPAL yang akan di bebankan pada setiap tenant, seperti surat edaran tertanggal 01 Agustus 2015 yang di tanda tangani oleh Andi Winarno selaku Building Manager , Rachman berkelit, dan mengaku bukan untuk di bebankan pada tenant namun itu hanya sebatas sosialisasi, dan tidak menjadi suatu kewajiban para tenant untuk ikut membayar biaya pengurusan IPAL. Tegas Ranchman.

Andi Winarno selaku Building Manager Mal Cikampek, ketika di konfirmasi di kantornya di lantai III Mal Cikampek 10/8, berusahan menghindar, hanya sekitar 1 menit melayani zonadinamika.com, langsung pergi dengan alas an sholat. Tidak lama kemudian, Syahrul selaku Administrasi promosi, menghampiri zonadinamika.com hanya untuk menyampaikan, bahwa Andi tidak bisa memberikan keterangan karena yang bersangkutan baru menjabat dua bulan. “ Pak Andi sudah tidak bisa melayani bapak, coba bapak jadwalkan kembali untuk bisa ketemu pak Andi, sama halnya dengan bagian humas saat ini sedang tidak bedara di kantor”. Kata Syahrul. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here