DPMPTP Padang Pariaman Lalai Akan Tanggung Jawab

0
77

Padang Pariaman- Zonadinamikanews.com- Kepmen 2004-28 tentang Pedoman umum budidaya udang di tambak ,ada beberapa persyaratan umum untuk lokasi pembangunan tambak diantaranya yaitu lokasi usaha budidaya tidak dibangun pada lahan mangrove yang kritis,
dan jalur formasi geologi material tambang.

Pembangunan tambak tidak merusak/menghilangkan fungsi hutan
mangrove atau habitat basah lainnya.Sesuai dengan tata ruang yang diperuntukkan bagi usaha budidaya udang/ikan dan telah mempunyai kekuatan hukum dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda).

Terjangkau oleh pasang surut air laut dengan debit dan beda tinggi pasang
dan surut yang cukup. Demikian pula dari sisi lingkungan, harus memiliki sistem pengelolaan limbah yang baik. Jika lokasi yang bakal dibangun berdekatan dengan destinasi wisata, seperti pantai, maka jarak antara bibir pantai dengan lokasi pembangunan minimal 100 meter.

Tambak udang milik salah satu Anggota DPRD Kota Pariaman, yang terletak di Korong Mandailing, Nagari Gasan Gadang, Kecamatan Batang Gasan, Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat. Ini dibangun tidak memenuhi syarat yang ada pada Kepmen 2004-28, seperti jarak antara bibir pantai tidak sampai 100 meter.

Maka seharusnya tambak ini tidak dapat direkomendasikan, serta tidak bisa mendapatkan izin dari Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian (DPMPTP) Kabupaten Padang Pariaman.

Tambak yang tidak memenuhi syarat tersebut akan menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan sekitarnya.(Zl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini