Sejumlah Guru SD Di Padang Pariaman Mengaku Kena Pungli Sertifikasi

0
147

SUMBAR-Zonadinamikanews.com.Sejumlah tenaga pendidik di Sekolah Dasar (SD) Padang Pariaman dalam proses atau penginputan data, mereka mengaku di Bebani biaya admin oleh oknum staf dinas pendidikan di Kabupaten Padang Pariaman,Provinsi Sumatera Barat.

Menurut informasi yang diterima media ini, sedikitnya ada 403 guru yang terproses sebagai penerima sertifikasi.

Mereka atau tenaga pendidik yang sudah memenuhi syarat memiliki kualifikasi akademik sarjana ( S1 ) atau Diploma empat (D-IV)dari program studi yang terakreditasi.

Dan seorang guru yang akan mendaftar Sertifikasi Guru, maka setidaknya sudah berpengalaman mengajar minimal 5 tahun dalam satu sekolah atau sekolah yang berbeda tapi masih dalam satu ruang lingkup yayasan yang sama.

Untuk diketahui, tujuan sertifikasi adalah untuk meningkatkan kualitas kompetensi guru yang pada akhirnya diharapkan berdampak pada peningkatan mutu pendidikan.

Dan untuk penjaminan mutu tenaga kependidikan dalam rangka pengembangan kompetensi, pengembangan karir tenaga kependidikan secara berkelanjutan dan peningkatan program pelatihan yang lebih bermutu.

Namun seiring berjalanya waktu, sejumlah guru penerimaan sertifikasi ini mencurahkan keluhan dan meras diberatkan oleh oknum staf bagian input data,karena setiap guru penerima sertifikasi tersebut harus mengeluarkan koceknya Rp.100.000 hingga Rp.150.000 pada oknum Disdik tersebut.

Dan bila permintaanya itu tidak di turuti oleh para sejumlah guru tersebut,maka akan mendapat kendala dalam penginputan data.

“Kami penerima sertifikasi guru SD merasa di persulit oleh staf bagian input data di dinas pendidikan, dan harus mengeluarkan dana Rp.100.000 hingga Rp.150.000 per orang,kalau tidak di kasi,maka penginputan data akan di ada masalah” aku sekarang guru SD yang diminta dirahasiakan identitasnya.

Bagian input data tersebut inisial spul di dinas pendidikan Padang Pariaman, bahan ketika di klarifikasi melalui pesan what’s app,oknum tersebut belum memberikan tanggapan.(zl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini