Unesa Latih Pembelajaran Penelitian Geografi Bagi Guru Geografi Mojokerto

0
71

MOJOKERTO – Zonadinamikanews.com.Pertengahan Juli sampai Akhir Agustus 2022, Prodi S2 Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

PKM mengambil tema Pelatihan Pengembangan Materi Penelitian Geografi Bagi Guru Geografi Mojokerto. Pelatihan diberikan kepada guru geografi yang tergabung dalam musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) geografi Kabupaten Mojokerto.

Kegiatan dimulai secara tatap muka langsung yang diselenggarakan di SMKN 1 Pungging Mojosari Mojokerto. Untuk selanjutnya kegiatan mandiri sampai menghasilkan produk selesai di akhir Agustus. Kegiatan dilaksanakan dalam upaya membekali guru geografi dalam mengembangkan bahan ajar maupun model pembelajaran di sekolah.

Perkembangan kurikulum SMA menuju kurikulum merdeka menuntut guru selalu mengembangkan diri. Materi penelitian geografi merupakan bagian dari kurikulum SMA yang disampaikan pada kelas X.

Capaian utama pembelajaran materi penelitian adalah kemampuan untuk berfikir secara ilmiah. Wujud pemikiran ilmiah tersebut dapat dituangkan dalam bentuk rencana penelitian, proses perolehan data, analisis data, dan penyusunan laporan penelitian.

Menurut penanggung jawab kegiatan, Nugroho Hari Purnomo menjelaskan, metode penelitian merupakan materi dalam membangun kemampuan berfikir logis dan analitis.

“Di dunia Pendidikan, peletakan dasar pemahaman dan kemampuan berfikir merupakan tujuan utama yang ditekankan kepada peserta didik. Kemampuan berfikir logis tidak sekedar menyangkut kemampuan intelektual, tetapi juga menyangkut persoalan karakter,” jelasnya pada keterangan tertulisnya. Selasa, (13/9/2022).

Selanjutnya dijelaskan oleh Nugroho yang juga Kaprodi S2 Pendidikan Geografi Unesa menambahkan, sikap dan perilaku logis nantinya menjadi bekal dasar bagi peserta didik dalam menjalani kehidupan bermasyarakat.

“Pengabdian Kepada Masyarakat ini merupakan bentuk realisasi kerjasama antara Pascasarjana Unesa dengan cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur di Kabupaten Mojokerto. Kerjasama tersebut merupakan upaya untuk penyegaran dan peningkatan sumberdaya manusia pendidik secara berkelanjutan.

“Pascasarjana Unesa mengemban tugas untuk selalu mendekatkan diri kepada masyarakat sebagai upaya untuk menyebarluaskan hasil-hasil penelitian,” tegas Nugroho.

Sementara, pihak Dinas Pendidikan juga berkewajiban untuk selalu meningkatkan kualitas pendidikan. Kerjasama yang lebih luas juga dipertimbangkan untuk dilakukan seperti studi lanjut ke jenjang magister bagi guru-guru di Mojokerto.

Anggota MGMP Geografi Kabupaten Mojokerto menyambut baik acara pelatihan ini. Mereka juga berharap kegiatan dapat memotivasi guru-guru geografi untuk lebih memperluas wawasan keilmuan serta keterampilan mengembangkan model pembelajaran khususnya pada materi penelitian geografi.

Guru geografi memiliki peran sentral dalam pendidikan formal untuk menyebarluaskan ilmu kebencanaan bagi generasi muda. Peserta mengharapkan adanya tindak lanjut dari pelatihan ini. Hal ini karena dalam membangun pengetahuan, keterampilan, dan kesadaran, memerlukan input keilmuan yang berlanjut guna membuka cakrawala pemikiran yang lebih luas. (ari)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini