Berkat Dukungan TPL, Siswa/i Asal Toba Raih Medali Emas pada Open Championship Wushu Sanda

0
70

Toba, Zonadinamikanews.com – Sebanyak 6 (enam) Siswa/ siswi Asal Toba yang merupakan anak didik SMP Swasta Yayasan Bona Pasogit Sejahtera (YBS) meraih 5 medali sekaligus dalam pagelaran bergengsi kejuaraan Open Championship Wushu Sanda 2022.

Kejuaraan Open Championship Wushu Sanda 2022 itu sendiri diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan (STOK) Bina Guna pada tanggal 23 – 27 Maret 2022 lalu di GOR Dinas Pemuda dan Olahraga, Medan, Sumatera Utara.

Enam siswa/i dalam tim atlet Wushu SMP YBS yang meraih medali itu yakni Yolanda Hutapea (Medali Emas), Raelisa Manurung (Medali Perak), Yosua Butarbutar (Medali Perak), George Morales; John Felix serta Winny Sitepu sama sama meraih Medali Perunggu.

Jhon Ginting, Pelatih tim atlet Wushu SMP YBS didampingi Roselly Simanjuntak, Koordinator YBS menyebut bahwa prestasi ini tidak lepas dari dukungan TPL terhadap kemajuan pendidikan di Kabupaten Toba.

Jhon menyampaikan bahwa rangkaian dukungan ini merupakan faktor penting yang dilakukan untuk menopang siswa/i yang mengikuti kejuaraan Wushu.

Jhon sendiri yang merupakan mantan atlet wushu berprestasi skala internasional, menjadi guru sekaligus pelatih siswa/i ingin menanamkan nilai karakter Wushu kepada siswa/i YBS sejak dini.

“Kuncinya adalah disiplin dan juga karakter Wushu yang kami tanamkan kepada semua anak didik. Jiwa kompetitif, sportif, disiplin, jujur, percaya diri, mandiri, kerja keras, dapat bekerja sama, dan tidak mudah putus asa dalam meraih cita-cita.

Tak lupa kami berterimakasih atas kesediaan TPL untuk mendukung anak-anak kami dalam masa pembelajaran yang dapat memotivasi siswa. Kami juga mensyukuri kerjasama dengan TPL yang berkontribusi kepada dunia pendidikan melalui kegiatan ini, sekali lagi YBS Kabupaten Toba menyampaikan terima kasih banyak kepada perusahaan,” ujar Jhon haru.

Ditambahkannya bahwa YBS sebagai wadah yang siap mendorong keberhasilan anak didiknya serta ingin menghasilkan generasi-generasi penerus bangsa yang berprestasi baik dibidang akademik, olahraga dan seni.

“Hal ini terbukti dari berbagai prestasi-prestasi yang dicapai oleh para siswa-siswi selama ini yang tidak terlepas dari dukungan Ketua YBS, Juanda Panjaitan, seluruh tenaga pendidik dan para orangtua siswq yang sangat solid dalam mendukung semua aktivitas anak didik.

Selanjutnya Jhon dengan bangga menerangkan preatasi demi prestasi yang sudah diraih para siswa YBS di cabang olahraga Wushu baik di Tingkat Provinsi, Nasional bahkan Internasional diantaranya:
1. Medali Emas pada Kejurnas Wushu junior di Pangkal Pinang
2. Medali Emas Lomba Wushu Antar Guru/Pelatih Tingkat Nasional
3. Medali Perunggu pada Kejuaraan Internasional Wushu Junior Championships Brunai Darussalam di Brunei Darusalam
4. Medali Emas pada cabang olahraga Wushu Sanda pada Kejuaraan Nasional Wushu All Games di Jakarta, 05-11 Desember 2021.

Selain itu di tahun 2022, YBS juga meraih Medali Perunggu melalui 3 orang siswa pada Kompetisi Sains Nasional (KSN) di bidang IPA dan Matematika tingkat SD serta di bidang Matematika unit SMP.

“Dibidang akademik sendiri, sebanyak 16 orang siswa SMP YBS diterima ke SMA Unggulan Yayasan Tunas Bangsa sebagai jumlah terbanyak dan 8 orang siswa lulus tes akademik ke SMA Unggul DEL.

Keberhasilan ini tak lepas dari dukungan Toba Pulp Lestari (TPL) yang hadir berkontribusi meningkatkan kualitas pendidikan dan menciptakan sumber daya manusia yang unggul,” urainya.

Disebutkannya, khusus dalam menghadapi kejuaraan Wushu kali ini, TPL memberikan dukungan berupa Perangkat Matras Bela Diri sebanyak 30 Unit untuk membantu meningkatkan para latihan dan persiapan atlet dan mendukung transportasi pada saat kompetisi diluar kota.

“Dukungan ini kemudian berlanjut dengan pemberian apresiasi dan hadiah kepada para atlet kejuaraan tingkat nasional yang mampu meraih medali,” pungkasnya.

Sementara itu, Hutapea (12), yang merupakan siswi kelas VIII SMP YBS mengaku tidak menyangka dapat meraih medali emas.

“Awalnya, saya merasa tidak yakin padahal saya sudah menekuni Wushu sejak umur 8 tahun, soalnya baru kali ini saya mengikuti kejuaraan resmi. Terimakasih atas dorongan orangtua dan guru serta pelatih di sekolah.

Saya telah berusaha mempersembahkan apa yang terbaik dan tidak menyerah hingga akhir! Puji Tuhan, akhirnya bisa meraih hasil yang terbaik.

Terimakasih kepada pihak sekolah dan Pelatih yang sudah membimbing saya, saya berjanji akan terus berlatih untuk dapat mengikuti kejuaran nasional bahkan internasional, terimakasih juga kepada TPL yang sudah mendukung kegiatan ekstrakurikuler Wushu YBS” sebut Yolanda polos.

Terpisah, Direktur TPL, Jandres Silalahi mengatakan bahwa dukungan dan apresiasi yang diberikan oleh perusahaan ini sudah sejalan dengan Program Pemerintah Kabupaten Toba menjadi unggul dan bersinar dalam memberdayakan sumber daya manusia.

Jandres berharap, perusahaan tetap dapat memberikan yang terbaik untuk kemajuan dunia pendidikan, khususnya di cabang olahraga Wushu.

“Kami sangat mendukung para atlet Wushu ataupun cabang olahraga lainnya agar dapat terus berprestasi sampai ke kancah Nasional hingga Internasional.

Itulah harapan dari perusahaan terutama dalam bidang pendidikan yang sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas,” tutup Jandres ikut bangga. (JP).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini