Tim TP-PKK Toba Apresiasi Hasil Para Perajin di Sibsas Balige

0
77

Balige, Zonadinamikanews.com – Dalam menggali berbagai potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di wilayah Kabupaten Toba, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Toba sedang giat giatnya melalukan inventarisasi hasil para perajin.

Seperti terlihat pada Senin (09/05/2022), dimana Ketua TP. PKK Toba, Ny. Rita Marlina Poltak Sitorus didampingi Ketua 1 Ny. Erna Grace Tonny Simanjuntak melakukan kunjungan ke lokasi Perajin ulos yang ada di Desa Sibolahotang SAS, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba.

Tampak rombongan yang tergabung dalam tim Pokja II berjalan beriringan menuju kediaman Mamak Bobby Siahaan (61) yang juga dijadikan sebagai lokasi kerajinan ulos untuk melihat langsung proses pembuatan ulos.

Dalam keterangannya,Mak Bobby memberitahukan bahwa dirinya sudah menggeluti kerajinan ulos itu selama 5 tahun dengan hanya menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM).

“Dulu, alat ATBM ini saya beli dengan kondisi bekas seharga Rp.2.500.000 dari Pematang Siantar,” kenangnya.

Ketika ditanya sedang membuat ulos jenis apa? Mamak Bobby menyebut sedang mengerjakan ulos Sadum Angkola.

“Jenis seperti ini bisa dibandrol oleh toke dengan harga hingga Rp.100.000 per lembar,” sebutnya antusias.

Menurutny, dirinya bisa membuat berbagai jenis tenun ulos asal ada contohnya.

Usai dari kediaman Mamak Bobby, rombongan TP. PKK lalu meninjau Perajin Kayu yang memproduksi hiasan kayu, gantungan kunci, miniatur rumah adat batak, dan lainnya.

Tampak rombongan berdecak kagum melihat karya tangan Perajin kayu itu. “Ini harus diberi pembinaan lagi agar karya karya bisa menembus pasaran. Tentu perajin itu bisa lebih sejahtera,” sebut My Rita Marlina tertegun.

Selanjutnya, tidak jauh dari lokasi itu, Ibu-ibu PKK itu menghampiri kediaman Lasmian Nainggolan, pemilik industri rumahan yang memproduksi makanan ringan keripik dan sasagun.

Dengan polos, Lasman mengatakan bahwa produksi makanan ringan berupa kembang layang, keripik bawang, ubi ungu, keripik pisang, dan sasagun ini sudah dipasarkannya hingga ke Tomok Samosir, Tigaraja, Ajibata, Taput, Porsea, dan Balige.

Melihat semua usaha rumahan itu, Tim TP. PKK kepada awak media mengaku sangat mengapresiasi semangat dan jiwa para pelaku kerajinan itu.

“Mari ibu-ibu yang ada di PKK Kabupaten Toba agar kita tidak kalah dengan mereka yang hanya sekedar menjadi ibu rumah tangga, tetapi juga harus bisa bekerja untuk menambah pendapatan keluarga,” ajaknya. (JP).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini