Diduga Keras Ilegal Longging Aman di Taput Dampak Aparat Yang Cuek

0
283

TAPUT-Zonadinamikanews.com.Perambaan kayu di hutan Dolok Imun yang memakai alat berat jenis ekskavator tepatnya di kecamatan Pagaran terus berlanjut.Ratusan kubik kayu ditumpuk menunggu di muat ke truk logging.

Dengan kondisi tersebut, kinerja dinas kehutanan Taput KPH XII pun dipertanyakan. Sesuai keterangan kepala desa Sibaragas tidak pernah mengeluarkan SKPT di lokasi penebangan karena tidak ada cek status lahan dari dinas kehutanan.

Perambahan isi hutan ini menjadi viral di sosmed dan mendapat tanggapan beragam dari sejumlah nitizen,seperti Togar Nababan bertanya tanya Siapa otak dibalik perambahan hutan ini , apa apa memang sudah ada kesepakatan-kesepakatan tertentu dari beberapa oknum hinga ini terus berlanjut ??.

Disisi lain, Mulia Nababan meminta agar megarahkan masyarakat disana untuk menyetop kalau dinas kehutanan sudah tuli dan buta mungkin, seraya berharap agar semua bersuara demi tegaknya hukum.

Sementara itu, Kiel beranggapan, Kalau udah ketahuan pasti semua orang berdalih tidak mengeluarkan ijin nya.

Riyo Manullang mengatakan, Sebenarnya itu sangat mudah, kalo betul betul itu ilegal, dasar hukumnya pertama cek UKL dan UPL nya ke dinas lingkungan hidup kabupaten atau provinsi, jika tidak ada itu mutlak pelanggaran UU , Krn kehutanan bisa saja memberikan cek status lahan kayu kayu tsb berada di luar kawasan hutan, nah Krn lokasi itu berbentuk bukit atau gunung maka harus ada UKL dan UPL nya, karena bisa saja dampak penebangan itu terhadap masyarakat sekitar yang berpotensi longsor atau yang lainnya Karena kayu kayu tersebut juga di butuhkan sebagai tangkapan air dan masyaraktlah yang sebenarnya bertindak untuk tidak menyetujui itu di tebang, dan juga peran pemerintah dinas lingkungan hidup harus tanggap dalam hal ini.

Tetapi….jangan kalian bersuara atas nama kepedulian tetapi setelah di berikan upeti malah diam….,sehingga element masyarakat lainnya tidak merespon ini…Krn Dolok imun itu dari dulu selalu polemik atas kepemilikan lahan dan kayu pinusnya,sebenarnya jika di sadari oleh masyarakat efeknya itu sangat berbahaya, jika itu gundul dan tidak segera di tanami kembali bisa saja suatu waktu terjadi kekeringan atau jika musim hujan bisa saja air tumpahan hujan menggerus tanah dan terjadi longsor di sertai dgn material terbawa air ke penukiman di bawah.

Sementara itu, Kennedy Gultom mengatakan,bahwa Perjuangan tidak harus terujud, akan tetapi sebuah perjuangan yang mulia harus kita dukung,saya ikuti suara seorang lae Manapsir nababan tentang perambahan hutan,jelas ini semua di ketahui pemangku jabatan dan saya pastikan semua dapat jatah,untuk itu satu-satunnya yang bisa kita lakukan tunduk kepada kennyataan,maaf lae ku bukan bermaksud mematahkan semangat karena saya tau sedikit tentang ini semua.

Manto Nababan meminta agar Kapolres Tapanuli Utara sebenarnya harus cepat menanggapi ini. Karena laporan sudah disampaikan ke bapak Kapolres. (zdn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini