Toba Pulp Lestari Berikan Hadiah Kepada Siswa Berprestasi di Kabupaten Toba

0
186

Toba-Zonadinamika News.com-Toba Pulp Lestari (TPL) hadir berkontribusi mendukung dunia pendidikan, dengan memberikan dukungan berupa hadiah kepada 3 Siswa/i berprestasi dari SMP Negeri 1 Kecamatan Siantar Narumonda, Kabupaten Toba yakni, Hilkia Daud Siahaan, Windi Alisa Manurung, dan Nadien Tamara Panjaitan. Penyerahan hadiah dilakukan pada Jumat malam di Pendopo Rumah Dinas Bupati Toba. (31/02/2022).

Ketiga siswa tersebut berhasil meraih Medali Emas pada Youth International Science Fair 2022 yang diselenggarakan secara virtual pada 17 Maret 2022 lalu. Seluruh siswa dan guru berprestasi dari SMP Negeri 1 Siantar Narumonda menerima piagam penghargaan, hadiah dan uang pembinaan yang diserahkan Bupati Toba, Poltak Sitorus, juga turut bekerjasama dengan PT Inalum, Penerbit Erlangga dan Bank Sumut.

Ramida Siringoringo, Manager Community Development TPL, mengatakan, dukungan yang diberikan TPL sebagai hadiah yaitu berupa peralatan belajar, tas sekolah, T-shirt dan notes belajar. Selain itu, Ramida menambahkan selama ini TPL juga telah berkontribusi melakukan bimbingan belajar untuk persiapan siswa/i SMP untuk masuk ke SMA Unggul DEL dan Yayasan Soposurung.

“TPL memberikan dukungan hadiah dalam bentuk barang bukan dana, sembari untuk mendidik anak dari kecil bahwa semua itu tidak harus diukur dari uang tapi hadiah-hadiah yang membuat mereka semakin terpacu untuk semakin giat belajar dan melakukan penelitian,” tutur Ramida.

Ramida juga menyampaikan, setelah sebelumnya melaksanakan bimbingan belajar kini prosesnya tinggal menunggu pengumuman kelulusan siswa/i yang masuk ke SMA Unggul DEL. Diharapkan TPL ke depannya juga dapat mendukung untuk pemberian bantuan beasiswa kepada siswa/i berpretasi, terlebih berfokus kepada siswa berprestasi yang ekonominya sulit.

Poltak Sitorus didampingi Rikardo Hutajulu, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Toba, juga mengucapkan terimakasih kepada semua kepala sekolah, guru-guru dan orang tua yang mendukung potensi siswa/i. Begitu juga kepada perusahaan/instansi yang mendukung yaitu TPL, Inalum, PT Erlangga dan Bank Sumut.

“Saya ingin berita ini disampaikan ke seluruh masyarakat Toba, bahkan Indonesia, bahwa mereka (siswa/i) ini mendapatkan prestasi bertaraf Internasional, juara satu dunia, bukan juara hanya juara 1 di Toba, Sumatra Utara atau Indonesia, tetapi tingkat dunia,” sebut Poltak Sitorus.

Beliau juga meminta kehadiran perusahaan agar tetap mendukung dunia pendidikan, seperti dengan memberikan bantuan beasiswa, supaya siswa/i berprestasi tidak terhalang biaya dalam melanjutkan pendidikan setinggi-tingginya.

Selanjutnya Roy Siagian selaku Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Siantar Narumonda, menjelaskan, siswa/I-nya yang menyabet medali emas, melakukan penelitan dan berhasil membuat lotion anti nyamuk ekonomis dari daun Tuba Saba (Persicaria Maculosa) itu terinsipirasi dari kebiasaan petani atau orangtua di Kabupaten Toba yang menggosokkan tanaman ini ke tangan agar terhindar dari gigitan nyamuk. Menurut Roy, semua guru di sekolah yang dipimpinnya telah berkolaborasi, baik guru bahasa maupun guru di bidang IT, untuk pengembangan prestasi siswa sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki.

“Terima kasih untuk semua apresiasinya, buat semua donatur atau perusahaan, TPL dan lainnya yang telah membantu kami. Hal ini sangat kami apresiasi dan sulit kami balas. Mungkin akan dibalas dengan prestasi-prestasi berikutnya di masa yang akan datang.” sebut Roy Siagian.

Selain ketiga siswa SMP berprestasi tersebut, 6 siswa SD berprestasi lainnya di bidang Matematika juga turut hadir. Keenam siswa SD tersebut merupakan siswa yang mengikuti program belajar dengan Metode Gasing pada bulan Desember 2021 lalu dan saat ini keenam siswa dibina di IT Del oleh Prof. Yohanes Surya. Rikardo Hutajulu, menyampaikan, sebanyak 30 siswa SMP Kabupaten Toba juga telah lulus ke SMA Unggulan Soposurung Balige dan 54 siswa lainnya telah lolos seleksi akademik untuk mengikuti seleksi lanjutan masuk ke SMA Unggul Del.

Turut hadir dalam acara tersebut Plt. Asisten Administrasi Umum, Verry S. Napitupulu, Plt. Kadis Kominfo, Sesmon TB Butarbutar, perwakilan perusahaan/instansi, dan juga para orangtua.(JP).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini