Terkait Sumbangan Murid SMAN 1 Kinali Pasaman Barat Ini Penjelasan Kepsek

0
80

SUMBAR-Zonadinamikanews. Suhelpi, S. Pd kepala sekolah SMAN 1 Kinali Pasaman Barat,Provinsi Sumatera Barat akhirnya memberikan penjelasan akan dana sumbangan sejumlah murid,penjelasan ini adalah untuk menjawab akan pemberitaan media yang dan juga stegmen sejumlah pihak terhadap keputusan pihak sekolah.

Suhelpi, S. Pd mengatakan, Dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 44 Tahun 2012 (Permendikbud 44/2012). sumbangan dari orangtua siswa atau masyarakat, sifatnya tidak mengikat, tidak ditentukan besarannya dan tidak ditentukan waktunya. “Tentu tidak melibatkan orang tua muris yang tidak mampu.

Dan berdasarkan rapat orang tua murid bersama komite dalam mengatasi akan kekurangan dana dalam peningkatan potensi pendidikan yang lebih baik,maka diputuskan untuk saling membantu dalam bentuk pendanaan tanpa memberatkan pihak-pihak lain,terutama orang tua murid.

Hal pro dan kontrak yang terjadi dalam hal sumbangan orang tua murid memang kerap terjadi,tapi kita harus ambil sisi positipnya dalam kontra tersebut,selagi sumbangan tersebut tidak mengacaukan pikiran para orang tua murid,ujar Suhelpi, S. Pd.

‘’Mohon maaf buat rekan-rekan wartawan bila kami tidak cepat memberikan penjelasan terkait sumbangan tersebut,hal itu terjadi karena kesibukan yang tidak bisa di tinggalkan,jadi soal dana sumbangan murid,memang ada,tapi semua itu kami serahkan pada orang tua murid pada saat rapat orang tua murid bersama komite, dan tidak ada unsur paksaan soal besaran yang akan disumbangkan,semua dilakukan melalui proses diskusi antara orang tua murid dengan komite, sehingga timbul nilai yang akan disumbangkan para orang tua yang mampu,karena bagi orang tua murid tidak mampu,tetap kami hargai walaupun tidak bisa memberikan bantuan’’ terang  Suhelpi, S. Pd.

Suhelpi, S. Pd menambahkan,Pendidikan dan masyarakat saling keterkaitan, untuk  mengembangkan pendidikan diperlukan partisipasi dari masyarakat, untuk  selalu peduli akan berpengaruh pendidikan terhadap kehidupan masyarakat. Masyarakat dalam konteks ini berperan sebagai subjek atau pelaku pendidikan, tanpa adanya kesadaran masyarakat akan pendidikan, maka negara tidak akan berkembang, kita akan  tergantung pada orang atau negara lain yang jauh lebih berkembang dari kita, maka dari itu peranan masyarakat terhadap pendidikan sangat berpengaruh untuk  perkembangan wilayah atau negaranya sendiri, melalui pendidikan masyarakat dapat memperoleh ilmu yang dapat ia manfaatkan di dalam kehidupan untuk  kesejahteraan bersama.masyarakat mempunyai peran yang besar dalam pelaksanaan pendidikan nasional. Peran masyarakat antara lain menciptakan suasana yang dapat menunjang pelaksanaan pendidikan. Nasional, ikut melaksanakan pendidikan.(zl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini