Kondisi PAUD Flamboyan Pintu Batu Silaen Toba Butuh Perhatian

0
165

Toba, Zonadinamikanews.com – Permasalahan pendidikan yang terjadi saat ini adalah masalah kurangnya sarana prasarana pendidikan terutama di jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Hal ini menimbulkan kesenjangan dalam mutu pendidikan.

Banyak sekali peserta didik PAUD yang tidak bisa menikmati fasilitas sarana dan prasarana yang sama dengan peserta didik yang lainnya.

Padahal jenjang PAUD memiliki peran strategis dalam pengembangan sumber daya manusia ke depannya. Dimana, PAUD merupakan wadah untuk memaksimalkan pencapaian tumbuh kembang anak.

Sehingga kelak anak akan menjadi modal pembangunan yang memiliki daya saing tinggi, sehingga mampu membawa Indonesia menjadi negara yang bermartabat sejajar dengan negara-negara lain.

Salah satu PAUD yang berada di wilayah Kecamatan Silaen, Kabupaten Toba, tepatnya di Desa Pintu Batu, yakni PAUD Flamboyan sangat berharap dapat bertumbuh kembang sebagaimana PAUD yang lain.

Hal itu diungkapkan oleh salah seorang orangtua anak kepada media pada Kamis (21/04/2022). Dirinya mengaku merasa sangat miris dan prihatin atas kondisi sarana dan prasarana PAUD Flamboyan yang sangat jauh dikatakan dari kondisi layak.

“Padahal Dinas Pendidikan Toba sudah berapa kali datang ke daerah ini dan selalu kita keluhkan dan usulkan agar sekolah PAUD ini mendapat perhatian, tapi hingga sekarang tidak ada respon,” sebut ibu beranak 3 itu.

“Kami harap juga agar Bunda PAUD menyambangi satu persatu sekolah PAUD yang masih minim sarana dan prasarana untuk bisa diakomodir sehingga nantinya akan terwujud PAUD yang berkualitas seperti PAUD yang ada di kota Balige,” imbuhnya.

“Kunjungan Bunda PAUD itu sangat dibutuhkan agar dapat melihat secara langsung keadaan PAUD di desa desa seperti di desa ini. Melihat bagaimana sarana dan prasarana yang belum memadai, dan saling sharing kekurangannya apa saja agar bisa dicarikan solusi,” tutur ibu lainnya sambil menunggui anaknya.

Salah seorang pengurus PAUD Flamboyan mengaku walau saat ini anak anak masih menggunakan tempat seadanya dan sangat minim Sarpras, namun semangat anak-anak PAUD begitu luar biasa di tengah keterbatasan yang ada.

“Namun demikian kami masih sangat mengharapkan  perlu dilakukan peningkatan dalam rangka mewujudkan lingkungan belajar berkualitas bagi peserta didik jenjang PAUD.

Sebab akan sangat disayangkan jika anak-anaknya sudah bersemangat seperti ini tetapi kualitas Sarpras untuk mereka belajar masih minim, sehingga anak kurang nyaman.

Kami sangat mengharapkan bantuan Pemkab ataupun pihak ke tiga agar bisa membantu pemenuhan sarpras tersebut untuk tempat belajar mereka yang lebih layak lagi sehingga kekurangan di sekolah PAUD ini segera tercover,” ungkapnya.

Sementara itu, J Panjaitan, salah seorang pemerhati pendidikan di Silaen mengharap agar Pemkab Toba berkomitmen untuk mewujudkan PAUD yang berkualitas.

“Pasalnya, beberapa PAUD di daerah pedesaan kondisinya sudah sangat memprihatinkan, bahkan ada yang bangunan sekolahnya hanya menggunakan rumah/ tanah yang sudah terbengkalai.

Pokja Bunda PAUD juga harus lebih peduli dengan dunia pendidikan PAUD, sehingga kondisinya bisa lebih baik lagi. Janganlah selalu prioritaskan PAUD binaan TP-PKK saja, tetapi juga PAUD lainnya,” terang Panjaitan. (JP).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini