Bupati Toba Terapkan Kenakan Ulos Bagi Pelajar Setiap Kamis

0
145

Toba, Zonadinamikanews.com – Guna melestarikan dan membudayakan pakaian Tradisional Suku Batak “Ulos”, Bupati Toba melalui Dinas Pendidikan membuat suatu terobosan baru.

Setiap siswa mulai tingkat dasar (SD) disarankan untuk mengenakan (menyandang) “ulos” sebagai pakaian tambahan seragam di sekolah, dimana ketentuan itu akan diterapkan setiap hari Kamis.

Dan hal itu tampak sudah mulai dijalankan di salah satu sekolah dasar di Kecamatan Silaen, tepatnya di SD Pintu Batu dengan J Marhulang Panjaitan sebagai Kepala Sekolahnya saat pimpin apel pagi pada Kamis (07/04/2022).

Dalam arahannya, Kepala Sekolah menyebut bahwa kepada para siswa bahwa sebagai orang batak harus bangga karena kita memiliki banyak kearifan lokal peninggalan nenek moyang suku Batak, salah satunya “ulos”.

“Hari ini, kita mengenakan Ulos sebagai pelengkap seragam sekolah, dimana hal ini juga merupakan instruksi bapak Bupati, Ir Poltak Sitorus. Bupati meminta agar kita mengenakannya setiap hari Kamis dalam mewujudkan misi “Anak na Raja.

Hal ini tentu menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi kita sebagai warga Toba khususnya bagi kalian anak anak kami untuk senantiasa bersyukur atas karunia Tuhan sebagai kearifan lokal yang merupakan berkat Tuhan,” sebut J M Panjaitan.

Selain itu, Kepala Sekolah juga mengharap para siswa agar sejak dini belajar pantun dan syair (Umpama dan Umpasa) Batak yang sangat banyak mengandung nilai nilai budaya tinggi dalam mengatur tatanan kehidupan ber-masyarakat, ber-negara, dan ber-Tuhan.

Diakhir pengarahan, Kepala Sekolah menyampaikan harapannya agar semua sekolah di wilayah Kabupaten Toba kompak melaksanakan kegiatan “Kamis dengan Ulos” itu sebagai salah satu upaya dalam mendukung Toba menuju Kawasan Strategis Nasional Kepariwisataan!

Sebelum usai kegiatan apel pagi pada Kamis itu, segenap siswa dan para guru kompak menyanyikan lagu persatuan Suku Batak: “O, Tano Batak” dengan begitu khidmat. Beberapa guru bahkan terlihat sampai meneteskan air mata.

Usai apel, salah satu siswa Kelas 4, Marchel Panjaitan kepada awak media mengaku sangat senang dengan diterapkannya ulos sebagai pendamping seragam sekolah tersebut.

“Kalau bisa setiap hari mengenakan ulos ini. Saya bangga jadi orang Batak,” sebut Marcel lantang sambil berlari kecil memasuki ruang kelas. (JP).

Gambar: Suasana apel di SD Pintu Batu Silaen dimana segenap peserta mengenakan Ulos, Kamis (07/04/2022

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini