Tenaga Pendamping PKH Silaen Diduga Lakukan “PUNGLI” Bantuan Warga Miskin

0
211

Toba, Zonadinamikanews.com – “Saya disuruh melakukan pengutipan uang dari warga yang merupakan anggota Keluarga Penerima Manfaat (KPM – red) yang mendapat bantuan,”

Demikian disampaikan Erni Siagian salah seorang Perangkat Desa Hutanamora, Kecamatan Silaen, Kabupaten Toba yang sekaligus juga merupakan Operator SIKS-NG saat di kantornya pada Senin (11/04/2022).

Berdasarkan penuturan Erni, pengutipan itu dilakukan atas perintah Melda Silaban, Petugas Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Desa Hutamora.

Dalam keterangannya, Erni menyebut bahwa pengutipan itu ya dengan berat hati, namun lantaran diancam tidak akan dapat bantuan bila tidak disetor, maka pengutipan itu dilakukan.

“Besarnya kutipan berdasarkan banyaknya bantuan yang diterima KPM. Ada yang 75 ribu, tapi ada juga yang lebih kalau bantuan itu mencapai satu juta rupiah,” terangnya.

Guna perimbangan pemberitaan, awak media lalu menghubungi Melda Silaban.

Dalam keterangannya, Melda menyebut bahwa dirinya tidak pernah melakukan pengutipan dalam hal apapun terkait adanya bantuan uang kepada masyarakat.

“Tidak benar itu, saya tidak pernah melakukan pengutipan,” jawab Melda singkat melalui selulernya.

Terpisah, Plh Camat Silaen, Darwin Sianipar mengaku bahwa informasi dugaan pengutipan itu sudah sampai ke kecamatan.

Menurutnya, praktek pengutipan bantuan ke masyarakat jelas jelas tidak manusiawi, dan apabila memang terbukti, maka kutipan tersebut harus dikembalikan.

“Saya sudah coba mediasi para pihak yang terkait, tapi mereka malah saling tuding.

Nah, karena masalah ini sudah dilaporkan hingga ke Dinas Sosial Kabupaten Toba, jadi akan diselesaikan disana, saja, dan yang pasti, bagi pelaku pengutipan pasti akan dikenakan sanksi” terang Darwin tanpa merinci bagaimana sanksi dimaksud. (JP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini