Ditjen Dukcapil Kemendagri Walter Kunjungan Khusus Ke Simalungun.

0
108

Simalungun-Zonadinamikanews. Sebagai daerah kecamatan yang terbamyak di Sumatra Utara (SUMUT) “Disdukcapil Kabupaten. Simalungun Mendapat Perhatian Khusus”.dari Ditjen Dukcapil Kemendagri.

Hal ini disampaikan salah seorang Putra daerah pematang siantar dan alumni SMP Cinta Rakyat angkatan Tahun 88 yang bertugas di Ditjen Dukcapil Kemendagri Walter Eduard Malau, S.Sos, MPA, ke media Zonadinamikanews melalui sambungan seluler pada hari sabtu ( 05/03/2022 ) yang melaksanakan tugas perjalanan dinas dipematang siantar dan melakukan kunjungan khusus kenasnya di Disdukcapil Kabupaten Simalungun di Pematang Raya jumaat 04 Maret 2022.

Walter Eduard malau memgatakan , Disdukcapil Kabupaten Simalungun perlu diberikan perhatian khusus dengan monitoring, supervisi dan evaluasi agar sinergis & dapat mengejar cakupan perekaman (ktp-el), kepemilikan dokumen kependudukan dan akta (kelahiran, kematian, perkawinan,…) yang sebagaimana telah ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Disamping tugas pokok beliau sebagai pejabat fungsional Analis Kabijakan Ahli Muda pada Ditjen Dukcapil Kemdagri, beliau mendapat amanah dari pimpinan pusat sebagai penanggung jawab (PJ) bina adminduk Kab/Kota se Prov. Sumut.

Pada kunjungan monitoring 4 Maret 2022 di pematang raya, beliau didaulat sebagai pimpinan apel sore untuk menyampaikan peran penting, sikap, dan integritas para pegawai yg bertugas di Dinas Dukcapil Kabupaten Simalungun agar tercapai pelayan terbaik demi membahagiakan masyarakat.

Dengan pemahaman atas penyelenggaraan tugas tugas pemerintahan yg bersifat ‘Konkuren’ program dan target oleh pemerintah pusat namun instansi pelaksananya adalah dinas/perangkat daerah, maka Disdukcapil melaksanakan tugas2 pelayanan yg ditargetkan oleh pemerintahan tingkat nasional/pusat.

Dalam hal Tupoksi Adminduk yg dilaksanakan Disdukcapil Kab. Simalungun perlu diberikan perhatian khusus dgn monitoring, supervisi dan evaluasi agar sinergis & dapat mengejar cakupan perekaman (ktp-el), kepemilikan dokumen kependudukan dan akta (kelahiran, kematian, perkawinan,…) sebagaimana telah ditetapkan oleh pem-pusat.

Disamping tugas pokok beliau sebagai pejabat fungsional Analis Kabijakan Ahli Muda pd Ditjen Dukcapil Kemdagri, beliau mendapat amanah dari pimpinan di pusat sebagai penanggung jawab (PJ) bina adminduk Kab/Kota se Prov. Sumut.

Eduart juga menjelaskan dalam tugas ini mengacu pada undang- undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan Daerah yang mengamanatkan urusan konkuren kepada kementerian dan lembaga utuk melakukan pembinaan teknis dan administratif kepada dinas-dinas atau Organisasi Petangkat Daerah(OPD) yang ada di seluruh pemerintahan daerah di indonesia.

Eduar malau mengungkapkan peran petugas registrasi desa / kelurahan di setiap kecamatan itu sangatlah penting , karena semuanya adalah garda di dalam penyelenggaraan layanan administrasi kependudukan.
“Sangat membantu masyarakat untuk mendapatkan kepastian hukum melalui identitas kependudukannya”, tutur eduard dan berharap kedepan para petugas registrasi harus mendapat perhatian khusus dari semua pihak, terutama dalam fasilitas tugasnya maupun kesejahteraannya.

Dia juga menambahkan masalah pergantian pimpinan unit kerja Disdukcapil Kabupaten Simalungun Jon R Damanik yg dipindah tugaskan ke KEK Sei Mangke,ini diharapkan agar tidak mengganggu ritme dan etos kerja memenuhi tuntutan pelayanan kebutuhan dokumen kependudukan bagi masyarakat Simalungun.

Kalaupun terjadi perubahan gaya kepemimpinan dengan pejabat baru Tiarli Sinaga yang di angkat bupati sebagai Plt , hendaknya nilai baik Disdukcapil Kabupaten Simalungun selama ini agar tetap dipertahankan bahkan ditingkatkan ujar Eduart kemedia.

Lain halnya Tiarli Sinaga selaku
PLT Disdukcapil Kabupaten Simalungun mengatakan ,dalam hal kunjungan Bapak Eduart malau ke Simalungun sangat positif dan
memberikan perhatian khusus dgn monitoring, supervisi dan evaluasi agar sinergis & dapat mengejar cakupan perekaman (ktp-el), kepemilikan dokumen kependudukan dan akta (kelahiran, kematian, perkawinan,…) sebagaimana telah ditetapkan oleh pem-pusat.

Tiarli juga menambahkan ,bahwa hadirnya bapak Eduart malau ini sangat membantu kami ,dimana kehadiran beliau sangat menambah semangat kami untuk bekerja iebih gigih dan menghadirkan Inovasi terbaru di kabupaten simalungun ,yakni Sistim Digitalisasi Adminduk untuk mempermudah pelayanan Atministrasi kependudukan di setiap kecamatan di kabupaten simalungun,pungkasnya.( SL )

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini