Bupati Toba Nyatakan Dukungan Serius Pengembangan UMKM

0
106

Balige, Zonadinamikanews- Pengembangan sektor UMKM unggulan daerah sebagai upaya mendukung pemulihan ekonomi nasional di era New Normal harus digiatkan secara maksimal dan serius.

Untuk itu, berbagai kalangan telah berupaya dengan berbagai jalan dan metode dalam pencapaian target UMKM tersebut.

Karenanya pentingnya hal itu, maka Bank Indonesia (BI) dalam menggerakkan roda ekonomi rakyat yang semakin terpuruk akibat Pandemi Corona yang belum tuntas hingga saat ini melakukan terobosan.

Salah satu terobosan itu yakni dengan melaksanakan Acara Diseminasi hasil Penelitian Komoditas/ Produk/ Jenis Usaha (KPJU) Unggulan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Sumatera Utara Tahun 2021.

Acara itu sendiri yang dihadiri Bupati Toba, Ir Poltak Sitorus dibuka secara resmi oleh Walikota Medan, Bobby Nasution di Hotel Santika Premiere Dyandra Hotel and Convention Medan pada Rabu (16/02/2022).

Kegiatan itu tak tanggung tanggung sebab terlihat beberapa narasumber yang berkompeten dibidangnya juga dihadirkan diantaranya Kepala Departemen Pengembangan UMKM ldan Perlindungan, Perwakilan Konsumen BI, Yunita Resmi Sari (melalui zoom).

Selain itu juga turut diundang Peneliti Senior dari Yayasan Berka Semi Strategika Mohd. Arief Yunus, dan Akademisi dari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Dr. Saparuddin Siregar, SE. Ak.Ma.Ca.Sas, Qgia.

Saat memberikan tanggapan, Bupati Toba menyampaikan bahwa Kabupaten Toba memiliki beberapa Komoditi unggulan yang sejalan dengan program Diseminasi Komoditas/Produk/Jenis Usaha (KPJU) Unggulan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Toba diantaranya terhadap Tanaman Padi, Bijih Kopi, Jagung, Tenun, Kopi Bubuk, Penggilingan dan Penjualan Beras, Warung Kopi, Kafe/ Restoran, dan aneka Produksi turunan hasil Ternak Kerbau.

Sebagai bentuk dukungan yang nyata, Bupati menyampaikan bahwa Kabupaten Toba siap untuk membuat kebijakan terkait komoditi unggulan serta meminta kesediaan BI untuk melakukan pendampingan di lapangan dari hulu ke hilir terhadap pengusaha UMKM di daerah Toba.

“Sehingga nantinya diharapkan akan menjadi koperasi binaan BI di wilayah Kabupaten Toba,” harap Poltak.

Dalam mempersiapkan hal tersebut Bupati Toba mengaku telah berencana akan membentuk Koperasi Petani Kopi di Kecamatan Uluan dan Kecamatan Parsoburan dimana hasil/produk dari UMKM tersebut nantinya dapat di standarisasi.

“Sehingga hasilnya lebih maksimal untuk di distribusikan di pasar lokal, nasional bahkan hingga internasional,” antusiasnya.

“Dalam mencapai tujuan ini, kami berharap bantuan bibit berkualitas baik serta ketersediaan pupuk yang cukup dapat segera didistribusikan ke daerah untuk mengakomodir kebutuhan UMKM di daerah,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara ini, Kepala Perwakilan BI Pematang Siantar dan Kepala Perwakilan BI Sibolga, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah se – Provinsi Sumatera Utara, dan Kepala Biro/Bagian Perekonomian kabupaten/ kota se -Sumatera Utara. (JP).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini