Desa Pancakarya, Menjadi Desa Dengan Predikat Sertifikat

0
25

JEMBER-Zonadinamikanews. Belum adanya jaminan kepastian hukum atas tanah seringkali memicu terjadinya sengketa dan perseteruan atas lahan di berbagai wilayah. Selain di kalangan masyarakat, baik antarkeluarga, tak jarang sengketa lahan juga terjadi antarpemangku kepentingan (pengusaha, BUMN dan pemerintah). Hal itu membuktikan pentingnya sertipikat tanah sebagai tanda bukti hukum atas tanah yang dimiliki.

Lambannya proses pembuatan sertipikat tanah selama ini menjadi pokok perhatian pemerintah. Untuk menanggulangi permasalahan tersebut, pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN telah meluncurkan Program Prioritas Nasional berupa Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

PTSL adalah proses pendaftaran tanah untuk dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu. Melalui program ini, pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat.

Menurut ketua pokmas PTSL desa pancakarya Bpk Saiful Bahri mengatakan saat di konfirmasi oleh media, dengan adanya program PTSL yang di jalankan oleh pemerintah, masyarakat sangat  senang karna dengan adanya Program Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) ini bisa mengurangi permasalahan sengketa tanah yang ada di desa dan masyarakat bisa memiliki kepastian hukum atas bukti hak kepemilikan tanah yang di miliki oleh masyarakat, khususnya di desa pancakarya.

Desa pacakarya berhasil menyelesaikan sertifikat tanah sebanyak 2415 bidang tanah dan menjadi Desa Dengan Predikat Sertifikat Lengkap tahun 2021.

Hal ini merupakan wujud pelaksanaan kewajiban pemerintah menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas tanah masyarakat.(dani)

BACA JUGA:  PKK Indragiri Hilir Kunjungi UP2K C-Kreatif Palapa Saiyo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here