Dibalik Dana Hibah, Ada Dugaan Pungli di PDAM Padang Pariaman Pada Masyarakat

0
225

SUMBAR-Zonadinamikanews.Oknum pejabat PDAM Padang Pariaman memilih bungkam saat media ini melakukan klarifikasi terkait adanya praktek pungutan liar yang sudah berjalan selama bertahun-tahun.Aksi dugaan pungutan liar ini, dibalut dengan program hibah yang program pemerintah pada masyarakat yang membutuhkan penyediaan ari bersih.

Berdasarkan data yang dimiliki media ini, sejak tahun 2018,2019-2020,2021, pemerintah telah menganggarkan biaya hibah untuk masyarakat Padang Pariaman dalam pemasangan jaringan air bersih ke rumah-rumah yang membutuhkan air bersih.

Oknum UPTD Puskesmas Padang Alai Padang Pariaman Diduga Sunat Hak 28 Orang TPP

Tidak tanggung tanggung, pemerintah mengucurkan anggaran hingga puluhan miliar, dalam program, dengan jenis kegiatan pengadaan pemasangan jaringan dan pipa dan sambungan rumah, penyertaan modal daerah (pengadaan barang, pemasangan jaringan distribusi dan pemasangan sambungan rumah program hibah air minum  perkotaan 2021,pendagaan barang untuk sambungan rumah, pemasangan jaringan distribusi dan pemasangan sambungan rumah program hibah air minum  perkotaan APBN masyarakat berpenghasilan rendah tahun anggaran 2019.

Namun sangat disayangkan, program ini ada-ada saja oknum memamfaatkan mencari keuntungan di luar kewajaran, dengan dugaan cara pungutan liar dari sejumlah warga yang membutuhkan air bersih tersebut.

Sekdako Pariaman “Tidak Ada Perkembagan dari Laporan ke Polisi Atas Hilangnya Aset Negara”

Seperti diketahui, Pungutan liar adalah perbuatan yang dilakukan oleh seseorang dengan cara meminta pembayaran sejumlah uang yang tidak sesuai atau tidak berdasarkan peraturan yang berkaitan dengan pembayaran tersebut, hal ini sering disamakan dengan perbuatan pemerasan, penipuan atau korupsi.

Terjadinya dugaan penyalahgunaan wewenang, jabatan atau kewenangan seseorang dalam program peyendiaan air bersih ini, dapat melakukan pelanggaran disiplin oleh oknumnya yang melakukan pungutan liar.Besaran pungutan ini berfariasi dari tahun ke tahun, dari Rp.255.000 dan Rp. 355.000. (tim)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini