3 Tahun Amblas, Jalan Lintas Provinsi Sumbar Tanpa ada Sentuhan Perbaikan.

0
108

Padang Pariaman- Zonadinamikanews-Sekitar 3 tahun yang lalu Jalan Provinsi antara Sungai Limau dengan Sungai Geringging tepatnya di Korong Batu Bengaum, Nagari Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Geringging belum ada perhatian dari pemerintah untuk melakukan perbaikan.

Bahkan jalan yang sering di lalui kendaraan kondisinya sudah sangat mengkhawatirkan, pasalnya jalan rusak parah akibat terjadi longsor dan bagian bawah jalan berlobang serta tanah yang amblas ada sekira 20 meter kejurang.

Wali nagari mengatakan, jalan yang terkena longsor ini tepatnya di bengkolan dan badan jalan tidak memiliki polongan, sehingga bagian bawah jalan berlobang ketika longsor terjadi, akibatnya jalan semakin sempit di lalui, bahkan mengkawatirkan bagi pengguna jalan.

“Jalan yang terkena longsor yang sudah hampir tiga tahun ini belum ada perhatian pemerintah untuk memperbaikinya dan jalan tersebut jalan kampung saya” kata Salman Hardani saat di konfirmasi media,Melalui Via Telfon, Senin (27/12/2021).

Begini Reaksi Tokoh Masyarakat Padang Pariaman ”Tangkap Oknum Jual Beli Tanah Negara”

Dia menyebut, kondisi jalan saat ini sudah sangat mengkawatirkan, meski demikian kendaraan masih melalui jalan tersebut, karena jalan ini akses jalan alternatif atau penghubung bagi pengguna jalan termasuk masyarakat setempat.

Kalau melihat kondisi terkini, kata dia jalan tersebut hanya tinggal menunggu ambruk, apabila kendaraan berkapasitas beban berat masuk, karena badan jalan tidak lagi memiliki kekuatan, karena bagian bawah jalan berlobang, terangnya.

Lanjut di katakan kalau dulu jalan ini merupakan akses perlintasan jalur Padang-Lubuk Basung berkelas tiga statusnya jalan provinsi, maka dari itu kabupaten tidak ada kewenangannya memperbaiki jalan tersebut.

“Kita juga heran, hampir tiga tahun jalan ini rusak, tapi belum ada sedikitpun perhatian pemerintahan Provinsi untuk memperbaikinya, apakah harus menunggu adanya korban baru di perbaiki” ujarnya.

BACA JUGA:  HUT Satpol PP Ke 69 Dan HUT Linmas Ke 57

Jalan ini sudah kita upayakan perbaikan sementara karena dana untuk perbaikan permanen belum tersedia. Rencana penanganan jalan tersebut akan dilakukan pembangunan jembatan rangka kerana kalau dengan RWC tidak efektif. Dana yg dibutuhkan cukup besar sekitar 12 milyar. Beberapa bulan yg lalu kita sudah berupaya untuk membuat saluran pembuang dekat jalan yg longsor tersebut, akan tetapi selalu ditutup oleh orang-orang yg kurang bertanggung jawab. Tujuan dibuat saluran pembuang tersebut untuk mencegah kerusakan yg lebih parah. Kita juga sudah koordinasi dagan camat dan wali nagari untuk mencari solusi kemana air buangan hujan di sepanjang jalan Kuranji hulu 3 km tersebut akan dialirkan, Sampe sekarang belum ada solusi nya. Kemaren sudah ada lokasi yg bisa dijadikan tempat utk membuat saluran buang, tapi terkendala karena ada salah seorang pemilik lahan yg menolak saat akan dikerjakan. Sementara menunggu ada alokasi anggaran untuk penanganan permanen jalan tersebut, dalam waktu dekat akan kita pasang jembatan panel,ujarnya(Kadis PU Provinsi),saat konfirmasi Via WA.

Kami berharap pihak terkait secepatnya mananggulangi secepatnya ,agar tidak terjadi korban jiwa.ujarnya mengakhiri.(zl tjg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here