Prof.DR Komarudin Hidayat : Kita ingin Universitas Islam Internasional Indonesia Seperti Agro Wisata

0
59

Depok-Zonadinamikanews.Universitas Islam Internasional Indonesia ( UIII) Kota Depok, tanam 1500 pohon . 500 diantaranya pohon tanaman permanen seperti alpokat ,mangga , belimbing dan anggur serta jenis buah tropis lainnya dan 1000 pohon bukan permanen seperti pohon sengon.

” Penghijauan ini sebagai wilayah reservoair untuk pusat pengairan dan penghijauan buat tanaman taman kota. Indonesia sudah sangat beragam dan akan berkembang ketika nanti akan datang mahasiswa dan dosen dari berbagai wilayah dan mancanegara. Diharap Depok ini menjadi laboratorium peradaban yang hidup sekali tentang keragaman yang menimbulkan keindahan dan gesekan, dari gesekan akan timbul ide-ide kreatif,”ungkap Rektor (UIII) Komarudin Hidayat

” Di kampus ini diharapkan adanya beragam tanaman tropis yang menjadi wisata tidak hanya bagi mahasiswa mancanegara namun juga bagi masyarakat sekitar. Kita ingin disini ada taman wisata tanaman tropis yang indah yang buahnya bisa dimakan langsung dan lahan ini memang cukup luas, disamping taman peradaban keilmuan akan dibagun juga suatu kebudayaan. Intinya kami ingin kampus Universitas Islam Internasional Indonesia seperti Agro Wisata ,”jelasnya.

Wakil Wali Kota Depok dalam sambutannya juga mengatakan , Depok merupakan Kawasan Strategi Nasional ( KSN) dimana ada UI dan UIII, berharap kampanye SDGs Kota biru dan Kota hijau dimana Kota Depok belum sampai 30 persen lahan terbuka hijau yang cukup, dengan adanya komitmen bersama, ini bisa menambah terhadap persentase lahan terbuka hijau.

” Sebagai Wakil Wali Kota Depok, senang sekali bisa diajak masalah penghijauan, selain mengurangi perubahan iklim globalisasi dengan penanaman pohon bisa meminimalisir dan resapan air yang terintervensi oleh bangunan perkotaan bisa dikurangi sehingga air masuk ke bumi kita, Pemerintah Kota Depok siap bantu keinginan untuk menjaga kota yang hijau dan kota yang biru,” jelasnya.

Baca Juga :
Mahasiswa Papua Malang Mendukung Perda Miras

Usai acara Head Asset and Building Management Team Drs.Syahrizal, M.SI ,saat ditemui media menjelaskan,” bahwa yang akan ditanam ada sejumlah 1500 pohon, diantaranya 1000 pohon Sengon dan 500 pohon buah tropis. Untuk luas kampus UIII kisaran 142,5 hektar dan lahan untuk penghijauannya 78 persen ,”ungkapnya.
Ditambahkannya jumlah fakultas saat ini baru empat yakin Fakultas Islamic Study , Ekonomic and Bussiness , Education , Social Politics and Science dari tujuh fakultas yang direncanakan dengan jumlah mahasiswa baru 100 orang. 50 orang diantaranya dari Indonesia sisanya dari luar seperti Mesir, Maroko, Malaysia,Afrika, Kanada dan lainnya dengan rincian 25 orang/fakultas dan semuanya beasiswa ,”tutupnya.

Camat Sukmajaya , Ferry Birowo juga menambahkan ,”Bahwa penghijauan di UIII merupakan jantung dari Kecamatan Sukmajaya,yang menghasilkan banyak oksigen.Nanti dengan keberadaan pohon yang ditanam diharapkan penghijauan disini lebih asri.
Kendala pembebasan lahan memang masih ada,sudah jelas ini lahan milik kementerian,pihak kementerian terbuka berkaitan dengan lahan yang ditempati.Ada KJB pemilihan lahan-lahan pada saat nanti dimanfaatkan,”paparnya.

Dalam gelar penghijauan hadir Wakil Wali Kota Depok Ir. Imam Budi Hartono, Rektor UIII Prof.DR. Komarudin Hidayat, Asda Ekbang Sidik Mulyono, Camat Sukmajaya Ferry Birowo, Lurah Cisalak Wiyana, perwakilan Balai pengelolaan daerah aliran sungai, Manager Waskita dan Dekan Kampus UIII, Rabu ( 24/11/2021).

(des-ish)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here