Johan Ferri Pangaribuan, Cakades Sidulang: Terpanggil Untuk Membenahi Desa

0
640

Laguboti, Zonadinamikanews.Com – Berbekal pengalaman yang sudah melintang di lapangan serta banyaknya pahit dan manis kehidupan yang sudah dirasa, Johan Ferri Pangaribuan berkomitmen untuk membenahi Desa Sidulang, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba.

Selain masih tergolong muda dan enerjik, hubungan dirinya dengan berbagai pihak seperti instansi Pemerintah Daerah hingga Pusat serta beberapa perusahaan swasta besar lainnya menjadi suatu modal besar nantinya dalam memajukan pembangunan di berbagai bidang di desanya.

Hal itu diungkapkannya usai Panitia Pemilihan Kepala Desa melakukan pengambilan nomor urut peserta di desa tersebut pada Selasa (23/11/2021) pagi.

Johan, sesaat setelah mengambil undian nomor urut dan ternyata mendapatkan nomor “2” tampak langsung menyampaikan rasa syukurnnya atas perolehan nomor tersebut sebab menurutnya nomor 2 adalah nomor yang sempurna.

“Manusia diciptakan sepasang. Mata, kaki, tangan dan lainnya juga diciptakan oleh Tuhan sepasang, supaya terjadi keseimbangan dalam mencapai harmoni kehidupan,” syukurnya kepada sejumlah awak media yang tampak sengaja datang untuk meliput sekaligus memberikan dukungan moril kepada Johan.

Didampingi istrinya, Johan lalu memaparkan secara detail program yang akan dilakukannya yang semua dituangkannya dalam Visi dan Misi demi terciptanya tatanan kehidupan dan prilaku sesuai etika, budaya, dan keadaan desanya.

Visi dan Misi serta Program kerja dan Sasaran yang ingin dicapai.

VISI:
Gotong Royong Membangun DESA SIDULANG Yang Jujur, Adil, Sejahtera, Berbudaya Dan Berakhlak Mulia.

MISI:
1. Mewujudkan pemerintahan desa Sidulang yang jujur dan berwibawa dengan pengambilan keputusan yang cepat dan tepat.
2. Mengedepankan kejujuran dan musyawarah mufakat dalam kehidupan sehari-hari baik dengan pemerintahan maupun dengan masyarakat desa Sidulang.
3. Meningkatkan profesionalitas dan mengaktifkan seluruh perangkat desa Sidulang.
4. Mewujudkan sarana dan prasarana yang memadai serta batas wilayah desa Sidulang.
5. Mewujudkan perekonomian dan kesejahteraan warga desa Sidulang.
6. Meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat desa Sidulang yang maksimal.
7. Meningkatkan kehidupan desa Sidulang secara dinamis dalam segi keagamaan dan kebudayaan.

Baca Juga :
Ketua DPRD Tobasa 2019-2024: Effendi S.P Napitupulu,Adakan Syukuran Di Gedung Raja Martua Porsea

PROGRAM KERJA:
A. BIDANG PEMERINTAHAN
Pemerintahan Desa Sidulang merupakan unit terkecil dari pemerintahan nasional, di mana permasalahan dimulai dari desa. Untuk itulah Pemerintahan desa Sidulang harus jujur, profesional, amanah, ramah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta cepat dan tegas dalam mengambil keputusan. Untuk menciptakan pemerintahan yang baik seperti di atas, perlu dilakukan beberapa hal;
1. Pembenahan Aparatur Pemerintahan Desa Sidulang
Aparatur pemerintahan DESA SIDULANG perlu dioptimalkan kinerjanya agar masing-masing bidang dapat berfungsi dengan baik dan melaksanakan tugas sesuai tupoksi masing-masing, sehingga tidak terjadi tumpang tindih tugas. Dengan demikian diharapkan Aparatur Desa akan mendapat kepercayaan dari masyarakat.
2. Transparansi Keuangan
Untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada kepala desa Sidulang dan aparatur desa, segala keuangan harus transparan atau terbuka. Transparansi keuangan yang dimaksud adalah di mana masyarakat harus mengetahui sumber-sumber keuangan yang di dapat dengan pengalokasiannya minimal satu kali dalam setahun atas musyawarah masyarakat desa, serta membuat laporan kepada BPD.
3. Sinergisitas dengan BPD
Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang anggotanya merupakan tokoh/wakil masyarakat dan sebagai mitra sejajar Kepala Desa Sidulang serta penampung aspirasi masyarakat harus diajak musyawarah terutama menyangkut masalah-masalah strategis terhadap pembangunan di desa. Selain itu BPD juga diminta pendapat sesuai dengan tugas dan fungsinya.
4. Peningkatan Pelayanan Publik
Pelayanan terhadap masyarakat perlu ditingkatkan sehingga masyarakat dengan mudah mendapat pelayanan sesuai dengan kebutuhan dengan tidak membeda bedakan status dalam masyarakat. Sepanjang pelayanan yang dibutuhkan masyarakat tidak bertentangan dengan norma-norma dan hukum yang berlaku.

B. BIDANG PEMBANGUNAN
Pembangunan pada hakikatnya adalah mengadakan perubahan terhadap sesuatu dari yang tidak/kurang baik, menjadi baik, dari yang tidak bermanfaat menjadi manfaat, dan dari yang rusak menjadi bagus.
Prioritas utama yang harus dilakukan oleh kepala desa Sidulang dalam pembangunan desa adalah ;
1. Pembangunan akhlak
Pembangunan akhlak diarahkan untuk menjadi manusia yang berakhlak. Sarananya adalah tempat ibadah, serta kegiatan-kegiatan positif seperti mengadakan pembinaan bersama. Hal ini perlu mendapat perhatian serius terutama generasi muda untuk menghadapi tantangan jaman yang semakin modern.
2. Pembangunan fisik
a. Pembangunan sarana transportasi
Pembangunan sarana transportasi diarahkan untuk menjaga perekonomian masyarakat yaitu dengan pengaspalan, rabat beton jalan pokok dan jalan lintas persawahan.
b. Pembangunan bidang olahraga
Memberikan pembinaan bagi keolahragaan di desa Sidulang dengan cara memberikan aset permodalan untuk bisa dikelola oleh karang taruna desa, sehingga pengembangan potensi pada cabang-cabang olahraga dapat berjalan secara optimal.

Baca Juga :
Arwah Model Cantik Disebut Akan "Gentayangan" Dihotel Grand Kanaya

C. BIDANG PERTANIAN:
Sebagian besar penduduk DESA SIDULANG adalah hidup dari hasil pertanian, sehingga perlu perhatian khusus terhadap apa yang menjadi kendala para petani di desa. Sehingga diharapkan nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan para petani desa Sidulang.

D. BIDANG SOSIAL DAN KEMASYARAKATAN:
Meliputi;
1. Mengoptimalkan kinerja RT dan RW
2. Pembinaan PKK
3. Memfungsikan BUMDes

SASARAN YANG INGIN DICAPAI
A. BIDANG PEMERINTAHAN
1. Pemerintah Desa Sidulang menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab, transparan dan amanah.
2. Pelayanan kepada masyarakat cepat, mudah dan ramah
3. Tumbuhnya kepercayaan masyarakat kepada pemerintahan desa Sidulang baik dalam bidang pelayanan maupun bidang keuangan.

B. BIDANG PEMBANGUNAN
1. Terbentuknya masyarakat yang berakhlak mulia.
2. Tersedianya sarana transportasi yang baik, pendidikan lebih maju dengan kedinamisan.
3. Terwujudnya persatuan olahraga desa Sidulang di bawah kepemimpinan karang taruna desa dengan berbagai cabang olahraga seperti sepak bola, bola voli dll dengan sistem keuangan yang baik.

C. BIDANG PERTANIAN
1. Berfungsinya kelompok tani.
2. Terwujudnya kelompok tani dengan permodalan yang baik melalui koperasi.

D. BIDANG SOSIAL DAN KEMASYARAKATAN
1. Terwujudnya profesional kinerja RT dan RW.
2. Berfungsinya PKK sebagai wadah bagi pembinaan kepada ibu-ibu untuk berkarya.
3. Terbentuknya BUMDes yang transparan.

Usai memaparkan semua Visi, Misi, dan Program kerjanya, tak lupa Johan yang merupakan Ketua salah Satu LSM di Toba itu meminta agar segenap warga desa tetap menjaga situasi kondusif serta tetap menerapkan Prokes Covid19.

“Mari kita tetap jaga persaudaraan, jangan karena Pilkades, hubungan kekerabatan menjadi renggang. Siapapun nantinya yang terpilih, itulah yang terbaik dan semua harus mendukung kinerjanya,” imbaunya tegas. (JP).

Baca Juga :
Mobil Pemadam Kebakaran Padamkan Tiga Titik Api di Kota Atambua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here