SMPN 2 Pulau Beringin OKUS Pungli Anak Didik Dengan Dalih Uang Komite

0
2533

OKUS-Zonadinamikanews.Maraknya pungutan liar dengan modus pembayaran komite sekolah membuat Ombudsman RI (ORI) kerap bersifat geram. Sebab dalam Permendikbud nomor 75 tahun 2016 telah diatur soal tupoksi komite sekolah.Dalam regulasi, komite sekolah bertugas untuk membantu sekolah dalam hal sumbangan, tapi tidak bisa melakukan pungutan. Sumbangan itu adalah jumlah dan waktu tidak ditentukan, Oleh sebab itu, ORI meminta sekolah hentikan pungutan itu.

Pungutan liar atas nama komite inipun terjadi di SMPN 2 Pulau Beringin OKU Selatan, komite nekat melakukan pungli sebesar Rp.150.000 untuk setiap murid.

Menurut pengakuan kepala sekolah,pada wartawan media ini,membenarkan bahwa pihak menarik dana sebesar Rp, 150.000 melalui komite, dengan alasan untuk membangun taman di sekolah.

Siasat ‘’busuk” ini diduga keras hanya upaya untuk mengelabui orang tua murid demi mencari uang palakan dari orang tua murid,tanpa memikirkan rasa kemanusiaan selaku berlabel pendidik.

Label pendidik inipun seakan pudar,karena tingkah laku yang merugikan orang tua demi mencapai ambisi yang diluar ketentuan.

Diharapkan, pihak sekolah baik komite harus berpikir jernih sebelum melakukan pungutan liar pada orang tua murid,sebab tindakan tersebut merupakan tindakan tidak perpuji dan merugikan orang tua murid.(andi/rahmadi)

BACA JUGA:  Korupsi PTSA Jalupang: Sejumlah Pejabat Dinas Cipta Karya Karawang Terancam Masuk Penjarah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here