Miris SMAN 2 Pulau Beringin OKUS Biarkan Lambang Negara Kondisi Rusak

0
1113

OKUS-Zonadinamikanews. Bendera merah putih yang kondisinya sudah usang dan kondisi robek masih saja dibiarkan berkibar di sekolah SMAN 2 Pulau Beringin kecamatan pulau beringin, Kabupaten Oku selatan.

Ketika wartawan media mencoba konfirmasi pada pihak sekolah, sejumlah oknum guru berusaha menghindar dan mengaku tidak mengetahui dimana akan keberadaan kepala sekolah.Usut punya usut ternyata kepala sekolah di ketahui sedang bersembunyi.

Melihat kondisi bagian dari warna bendera merah dan putih tersebut sudah pudar dan kondisi sudah robek.

Kejadian ini ddiduga telah melanggar ketentuan UU Nomor 24 tahun 2009, tentang Bendera Negara.

Pada Pasal 24 Undang-Undang tersebut, diatur soal larangan yang dilakukan terhadap Bendera Negara, disebutkan bahwa Setiap orang dilarang mengibarkan Bendera Negara yang rusak, robek, luntur, kusut, atau kusam. Adapaun ancaman pidana selama 1 ( satu) tahun penjara dan denda paling banyak Rp.100.000.000 ( seratus juta rupiah ).

” Kami prihatin melihat bendera merah putih dalam kondisi seperti itu masih berkibar, selain warnanya sudah pudar, juga kondisinya sudah robek ,” kata warga, Kamis (26/11/2021).

Masih dikatakannya, bahwa mengingat pada hari ini bertepatan dengan hari guru, Seharusnya pihak sekolah ebih memperhatikan bendera merah putih tersebut.Jangan sampai robek dan kusam seperti ini dan masih terpasang.Jangan – jangan bendera merah putih ini tidak pernah diturunkan.Sehingga sampai robek dan kusam seperti itu,” jelas Warga tersebut.

Diminta kepada penegak hukum TNI dan Polri untuk memberikan teguran kepada pihak sekolah, serta menjelaskan tentang UU No 24 tahun 2009 yakni larangan tentang pengibaran bendera yang lusuh,kusam dan robek.Sehingga kedepan setiap instansi maupun masyarakat tidak memasang bendera merah putih yang tidak layak.(Andi/Rahmadi)

BACA JUGA:  BNN Perlu Lakukan Tes Urine Dadakan Di Desa Hurung Kampin Kapuas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here