4 Mitra ChildFund di NTT Gelar Pelatihan Fasilitator Pengasuhan Responsif Tingkat Zonal

0
67

Labuan Bajo.ZonadinamikaNew.com. Empat ( 4 ) mitra ChildFund Internasional yang berada di Indonesia wilayah Nusa Tenggara Timur ( NTT ) gelar pelatihan Fasilitator Pengasuhan Responsif program model Creativ. Keempat Mitra tersebut adalah Yayasan FREN Flores , Yayasan Citamadani Kupang , Yayasan KPA Belu dan SID pulau Sumba

Kegiatan Pelatihan Fasilitator Pengasuhan Responsif dilaksanakan selama lima hari dimulai pada hari ini Senin 11/10/2021 hingga Jumat 15/10/2021 bertempat di Aula Hotel Flamingo Labuan Bajo ungkap Eduardus Leky Host kegiatan.

Lanjut Eduardus peserta yang hadir dalam kegiatan ini berjumlah 19 orang merupakan utusan dari para fasilitator dari empat mitra di Wilayah zonal Timur. Kegiatan pelatihan Fasilitator Pengasuhan Responsif program model Creativ akan di fasilitasi oleh para Fasilitator Hebat yakni Rita Lorukoba, Ermin Nuru dan 4 teman lainnya. Pungkas Eduardus.

Fitriana W Herarti Spesialis Perkembangan Anak ChildFund Internasional di Indonesia dalam sambutan pembukaan sekaligus Menthor utama dalam kegiatan menyampaikan dimulai dengan program Kelompok Bermain Keluarga (KBK) di tahun 2016, ChildFund Indonesia dan mitra mulai mengarahkan fokus pada penguatan keterampilan orangtua dalam pengasuhan untuk anak usia dini (AUD), dimana melalui KBK orangtua difasilitasi untuk mengembangkan kemampuan melakukan stimulasi perkembangan anak-anak mereka, tidak hanya tergantung pada tutor layanan PAUD.

Di tahun 2018, KBK mengembangkan konsep layanan yang tidak hanya berfokus di aspek stimulasi namun juga keterampilan pengasuhan secara menyeluruh, dalam kerangka pengasuhan responsif. Makna dari pengasuhan responsif adalah keterampilan dan tanggungjawab orangtua dalam mendidik dan merawat anak yang tanggap terhadap pemenuhan kebutuhan dasar anak usia dini ungkap Fitri.

Lanjut Fitri Pada tahun 2020, ChildFund telah mengembangkan modul pengasuhan responsif dengan standar konten program yang terdiri dari tujuh tema besar, yaitu mengenai perkembangan otak, kesehatan dan kebersihan, gizi, stimulasi dan pembelajaran dini, kesiapan sekolah, kesehatan ibu, dan perlindungan anak.

Baca Juga :
Upacara Pemakaman secara Kedinasaan.

Ketujuh tema tersebut disajikan dengan pengarus utamaan isu stunting dan gender
mengacu pada standar konten tersebut saat ini menurut Fitri telah tersedia tiga seri modul pengasuhan responsif, yang terdiri dari: 1) Modul pengantar program model CREATIVE; 2) Modul pengetahuan dan keterampilan pengasuhan responsif; 2) Modul bank stimulasi perkembangan usia 0-5 tahun.

Pada tanggal 21-25 Juni 2021, telah dilaksanakan Pelatihan bagi para Pelatih Program Pengasuhan Responsif. Untuk memperbanyak fasilitator-fasilitator respar yang berkualits serta memperluas jangkauan program maka diperlukan pelatihan untuk fasilitator (TOF). TOF ini akan difasilitasi Pelatih yang sudah dilatih di tingkat nasional, dengan mentoring dari master trainer pengasuhan responsif ChildFund.

Meledaknya kasus Covid-19 dan kebijakan PPKM yang semakin ketat membuat pelatihan untuk fasilitator program pengasuhan responsif secara tatap muka terus tertunda hingga saat ini.

Akhir-akhir ini situasi pandemi di Indonesia sudah mulai terkontrol serta program vaksinasi yang sudah mulai berjalan, maka Jaringan kerja mitra ChildFund di wilayah Timur ( Wilayah NTT ) akan mengadakan pelatihan bagi fasilitator program pengasuhan responsif secara tatap muka selama 5 hari kedepan. Pelatihan ini akan melibatkan 4 mitra, harapannya Para Fasilitator Pengasuhan responsif dari 4 lembaga mitra akan mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan pengasuhan responsif sesuai standar program model. Para fasilitator yang sudah dilatih tersebut memiliki kapasitas yang memadai untuk memfasilitasi proses sesi rutin pengasuhan responsif di masyarakat, di kelas-kelas pengasuhan responsif yang ada.

Pantauan Awak Media hadir dalam kegiatan tersebut adalah asisten Spesialis
Perkembangan Anak ChildFund Internasional di Indonesia Granasti Aprilia, PPO Tabita Kale dan para Penanggung jawab Program Creative dari 4 Mitra ( tim. Zdn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here