Beredar Isu Dugaan Politik Uang di Pakembaran

0
55

PEMALANG JATENG, zonadinamikanews.com – Dilaksanakannya Musdes [Musyawarah Desa] penentuan calon pemilih kepala desa antar waktu [PAW] di aula Desa Pakembaran Kecamatan Warungpring, pada minggu [10\10]. Acara berjalan lancar serta kondusif dan dihadiri oleh perwakilan masyarakat sekitar kurang lebih 60 orang, antara lain tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pendidikan, perwakilan kelompok tani, karang Taruna serta perwakilan kelompok pemuda dan lain sebagainya.

Pihak panitia membuka selebar-lebarnya untuk umum bagi siapapun yang ingin mendaftarkan diri sebagai calon PAW. Namun demikian, pendaftaran calon PAW dibatasi maksimal hanya untuk tiga [3] peserta. Dan juga, jumlah pemilih yang disepakati dan telah ditetapkan oleh panitia adalah sebanyak 80 orang.

Sementara itu, Pj Wasis Winarno menekankan kepada warga Pakembaran yang hadir agar pada saatnya nanti, semua masyarakat Desa Pakembaran menjaga kondusifitas dan kedamaian. Mengenai isu berkembangnya “money politic” turut serta dibahas dalam pertemuan tersebut.

“Saya selaku pemerintah kepala desa dan unsur-unsur lain dalam hal ini forkompimca. Kalau memang itu terjadi [money politic] tidak kami benarkan. Namun demikian, manakala itu terjadi sebelum pasca penetapan calon, itu masih kategori, itu mungkin hanya sekedar isu,” Tandasnya.

Selanjutnya, kata Wasis, hal ini berdasarkan pada peraturan daerah Kabupaten Pemalang Tahun 2015 pasal 125. Dijelaskan disana, ada sangsi denda. “Sangsinya denda uang sedikitnya 30 juta dan paling banyak 50 juta.” Sambungnya.

Dilain pihak, Sumadi selaku tokoh masyarakat setempat juga turut memberikan komentar terkait isu yang berkembang mengenai “money politic”. ” Diawali pada tanggal 8 malem [8 Oktober] kalau tidak salah malamnya Jum’at atau sabtu. Disalah satu tempat ada seseorang yang disinyalir mau maju dalam pencalonan PAW, mengundang beberapa tokoh masyarakat dan RT, membagikan duit yang datang kesitu mendapatkan 300 ribu, samsu [rokok] satu bungkus.” Urainya dengan tegas.

Baca Juga :
Aksi (SPRI) Suarakan Yel Yel "Ahok Pembunuh Rakyat Miskin"

Diketahui, hasil pantauan dan informasi yang didapat dilapangan, saat ini sementara ada tiga calon yang akan maju sebagai PAW. Namun demikian, Wasis Winarno serta Sumadi hanya berharap dan menginginkan agar Desa Pakembaran tetap kondusif dan tidak gaduh lagi. Siapapun yang terpilih nanti, adalah orang yang benar-benar amanah, berjiwa pemimpin dan menjadi panutan masyarakat. [SatriyoAdie\Iwan]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here