PTI MADINA Bekerjasama HKTI Sosialisasikan Program Bantu Petani

0
151

MADINA-Zonadinamikanews.com. Pemuda Tani Indonesia Mandailing Natal (PTI MADINA) bekerja sama dengan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Hari Minggu kemarin 10/10/2021 melaksanakan sosialisasi dengan sejumlah perwakilan masyarakat desa se Kecamatan puncak Sorik Marapi untuk melakukan program bantu petani di Bagas Godang Sibanggor Julu.

Acara tersebut dihadiri oleh anggota DPR RI H.Gus Irawan Pasaribu.Wakil DPRD provinsi sumatera Utara Harun Mustafa Nasution dan juga ketua DPRD Madina Erwin Efendi Lubis ketua HKTI Madina Suandi .camat puncak Sorik marapi Akhiruddin yang mewakili Bupati madina.dan ratusan perwakilan masyarakat dan sejumlah kepala desa dan juga dihadiri pengurus PTI Madina dan HKTI sumatera Utara.

Gus Irawan Pasaribu dalam pidatonya mengatakan” kolaborasi adek adek dari PTI dan HKTI ini awalnya di Langkat. Dan akhirnya kami buat menjadi suatu program khusus di Sumatera Utara ini. Tadinya ini kerjasama dengan bank BNI. Kemudian saya bilang kepada Pak gubernur.Dan Pak gubernur akhirnya melibatkan bank daerah Sumatra Utara (BANK SUMUT) untuk ikut serta dalam program ini”

“Jadi dengan program ini kita akan urusi mulai dari pendanaan sampai dengan menampung hasil dari mereka sesuai dengan harga tertinggi dipasaran.dan kita juga sudah bekerja sama dengan pihak Bulog. Kemudian kami juga melindungi para petani kita apabila ada kendala atau faktor-faktor lain seperti gagal panen dan musibah lain.Kita juga sudah buatkan asuransinya melalui Jasindo dalam hal ini”terang Gus Irawan

Sementara Erwin Efendi Lubis Selaku Ketua DPRD Madina mengatakan “Program ini sangat membantu masyarakat khususnya para petani di Madina ini.saya berharap masyarakat tidak kesulitan lagi dengan modal dan biaya.karna melalui program ini insya allah sangat membantu petani.apapun peluang yang berdampak baik bagi masyarakat Madina ini saya pasti mendukungnya”.terang Ketua DPC partai Gerindra itu.

Baca Juga :
Nagari Garda Terdepan Antisipasi Covid-19 Beserta Masyarakat

Ditempat terpisah ketua PTI Madina Ahmad Rizky Pane memberi berkomentar kepada media iniย  “Intinya sosialisasi program on farm ini.Yaitu Bagaimana cara untuk meningkatkan produktivitas petani kita
Agar hasil pertanian nya bisa meningkat ,dan juga agar kita bisa membantuย  pembiayaan petani melalui KUR tani dan sosialisasi ini di fasilitasi PTI kabupaten Madina.Dan di berikan arahan oleh bapak Gus Irawan Pasaribu.Dimana program ini di buat selain membantu para petani khususnya di sebelas desa di kecamatan Puncak Sorik Marapi.”

“Program ini juga bertujuan untuk meningkatkan hasil pertanian,maka dari itu Gus Irawan Pasaribu selaku ketua HKTI Sumut dan anggota DPR-RI juga sudah membuat MOU dan sudah menandatangani PKS degan bapak Edy Rahmayadi selaku Gubernur Sumut. dimana MOU itu atau PKS tersebut bertujuan untuk mensejahterakan petani dengan cara membantu permodalan para petani dan untuk meningkatkan hasil pertanian khususnya di Sumut ini.”

“Pemberdayaan kelompok tani ini diarahkan untuk memajukan petani agar memiliki kekuatan mandiri. Kekuatan yang mampu menerapkan inovasi (teknis, sosial, dan ekonomi) memanfaatkan azas skala ekonomi, dan mampu menghadapi risiko usaha, sehingga memperoleh tingkat pendapatan dan kesejahteraan yang layak”.ucap Rizky Pane.

Muhammad Fadly Abdina.selaku ketua PTI Sumut berharap Semoga program ini berjalan dengan baik.Dan pastinya mendapat dukungan dari kepala desa.karena sebagus apapun program ini kalau tidak ada dukungan dari kepala desa ini tidak akan berjalan dengan baik.sebab kepala desa yang mengetahui kondisi dan individu masyarakatnya.

Kemudian kita dari HKTI dan PTI mensupport untuk bagaimana memberikan penyuluhan dan pendampingan kepada petani.kemudian pihak dari aparat desa dan rekan kita dari PTI dan HKTI di Madina bisa mengawal program ini supaya bisa berjalan dengan baik.mudah mudahan program ini sukses dan bisa menjangkau seluruh kabupaten Mandailing Natal.ucapnya.

Baca Juga :
Bongkar Dugaan Korupsi Alat Peraga Sekolah

(Saipul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here