Rehab Gedung SMPN 1 Ulakan Tapakis Diduga Tidak Sesuai RAB

0
282

Padang Pariaman-Zonadinamikanews.com.Pembangunan rehabilitasi ruang kelas di SMP Negeri 1 Ulakan Tapakis diduga dikerjakan tidak sesuai RAB.penyerapan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) ,tersebut pengerjaannya diduga asal-asalan dan tidak sesuai dengan rancangan gambar.

Proyek rehabilitasi ruang kelas ini seakan lepas kontrol dari bagian pengawas sehingga banyak peluang pihak pelaksana melakukan pekerjaan seenak jidatnya, yang akan berdampak pada kwalitas pekerjaan dan yang akan korban adalah para siswa di kemudian hari.

Sejumlah masyarakat yang mengatamati akan kegiatan ini, pada media tersebut sangat rawan pelaksanaan yang melenceng dari perencanaan dan berpotensi merugikan keuangan negara,dan ada pembiaran dari pihak pengawas atau diduga ada kerja sama demi mencari keuntungan pribadi.

Pelaksanaan proyek dari Dinas Pendidikan Kabupaten Padang Pariaman yang diduga dikerjakan asal jadi dan tidak sesuai Spek RAB, pada Pelaksanaan proyek Rehabilitasi Ruang Dengan Tingkat Kerusakan Minimal Sedang Beserta Perabotnya.
SMP Negeri 1 Ulakan Tapakis
Sumber : Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pendidikan SMP Tahun 2021
Nomor Kontrak : 034/SP/DISDIKBUD/DAK/VII-2021
Penyedia Jasa : CV. Silvia Karya
Dari pantauan Zona Dinamika di lapangan, Rabu (13/10), nampak sekali banyak item-item pekerjaan yang tidak diterapkan.

Seperti terdapat pada pemasangan rangka atap Kuda-kuda Tidak menggunakan Rangka Baja Ringan,dan atap sengnya.Kemudian Kunzen Kayu dipasang dengan bahan kayu biasa.
Seperti yang disampaikan langsung oleh salah seorang warga Pada Rabu,(13/10/2021) dijelaskannya kalau pada pelaksanaan proyek rehab SMP Negeri 1 Ulakan Tapakis tersebut kasat mata awamnya diduga sangat asal jadi dan terindikasi Mark Up.

Karena anggaran yangย  nilai oleh anggaran proyek tersebut terlalu mahal jika hanya untuk rehab Ruang Kelas.

โ€œSebelumnya saya sudah menanyakan pada pihak sekolah terkait proyek tersebut, namun dijelaskannya kalau proyek tersebut hanya merehab โ€ Ungkapnya.

Baca Juga :
APBDes Kedungwonokerto Menguntungkan Siapa ?

โ€œTentunya sangat tidak masuk akal jika merehab ringan Ruang menghabiskan anggaran sebesar ituโ€ sambungnya
Sedangkan terpisah terkait permasalahan ini ketika di konfirmasi Telfon dengan pihak Pelaksanaan proyek.

โ€œKami selaku pelaksana di lapangan mengerjakan rehab bangunan sesuai arahan dari dinas dan fasilitator lapangan dan RABโ€.Katanya.

Diwaktu yang sama kami melakukan konfirmasi Via WhatsApp dengan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Padang Pariaman yaitu Bapak Drs Anwar,M.Si,โ€Kita Sudah Turunkan Tim Komtek untuk Monotoring dan evaluasi pekerjaan.Ungkapnyaโ€(zl tjg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here