Beritakan Rehab Gedung SMPN 1 Ulakan Tapakis, Oknum Ini Coba Ancam Wartawan

0
595

Padang Pariaman-Zonadinamikanews.com.Mengaku bernama Bandaro sebagai pemengang mandat pada proyek Pembangunan rehabilitasi ruang kelas di SMP Negeri 1 Ulakan Tapakis diduga dikerjakan tidak sesuai RAB.

Lewat telepon pada tim investigasi Bandaro yang diduga oknum preman suruhan Surya yang disebut sebagai pelaksana dan berusaha melakukan tekanan pada tim media dan tidak terimah atas koreksi atau pemberitaan pada hasil pekerjaan yang diduga keras tidak sesuai dengan RAB.

Pada tim juga sok mengurui bernada ancaman akan tugas sosial kontrol tanpa disadari bahwa apa yang disampaikan artinya tidak mengerti tentang tugas wartawan. “Seharusnya konfirmasi dulu sama pelaksananya,dan bila tidak sesuai dengan speck ya dilaporkan juga tidak masalah, saya juga bukan munafik, jangan asal beritakan,kalau begini caranya sama saja cari gara-gara dengan saya ini, apa Zul itu tidak tau siapa saya,apakah dia ingin tau dengan saya gitu? katanya via telepon.

Ketika di perjelas bahwa pemberitaan soal dugaan pembangunan rehab sekolah tersebut pada pihak pelaksana, lagi Bandit kampungan tersebut semakin menunjukan kebodohanya dengan mengatakan, “kalau sudah di konfirmasi, kenapa tetap dimediakan, seharusnya jangan, kalau kalian minta uang, bilang aja ke saya, dan bila pak Surya nya tidak mau ngasi bilang ke saya” ucap yang mengaku Bandaro tersebut.

Diberitakan sebelumnya, bahwa dalam penyerapan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Pembangunan rehabilitasi ruang kelas di SMP Negeri 1 Ulakan Tapakis Padang Pariaman yang diduga keras tidak sesuai dengan RAB dan dalam pelaksanaan proyek rehabilitasi ruang kelas ini seakan lepas kontrol dari bagian pengawas.

Akibatnya sehingga banyak peluang pihak pelaksana melakukan pekerjaan seenak jidatnya, yang akan berdampak pada kwalitas pekerjaan dan yang akan korban adalah para siswa di kemudian hari.

Baca Juga :
Terkait Bangunan Cluster 80 Gubernur DKI Diminta Copot Kasudin Citata dan Kastpol PP Jaktim

Informasinya pihak pelaksana juga sudah mendapat SP 1 dari dinas terkait, namun oleh Bandaro menyangkal akan terbitnya SP 1 tersebut.

Sejumlah masyarakat yang mengatamati akan kegiatan ini, pada media tersebut sangat rawan pelaksanaan yang melenceng dari perencanaan dan berpotensi merugikan keuangan negara,dan ada pembiaran dari pihak pengawas atau diduga ada kerja sama demi mencari keuntungan pribadi.

Pelaksanaan proyek dari Dinas Pendidikan Kabupaten Padang Pariaman yang diduga dikerjakan asal jadi dan tidak sesuai Spek RAB, pada Pelaksanaan proyek Rehabilitasi Ruang Dengan Tingkat Kerusakan Minimal Sedang Beserta Perabotnya.
SMP Negeri 1 Ulakan Tapakis
Sumber : Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pendidikan SMP Tahun 2021
Nomor Kontrak : 034/SP/DISDIKBUD/DAK/VII-2021
Penyedia Jasa : CV. Silvia Karya
Dari pantauan Zona Dinamika di lapangan, Rabu (13/10), nampak sekali banyak item-item pekerjaan yang tidak diterapkan.

Seperti terdapat pada pemasangan rangka atap Kuda-kuda Tidak menggunakan Rangka Baja Ringan,dan atap sengnya.Kemudian Kunzen Kayu dipasang dengan bahan kayu biasa.
Seperti yang disampaikan langsung oleh salah seorang warga Pada Rabu,(13/10/2021) dijelaskannya kalau pada pelaksanaan proyek rehab SMP Negeri 1 Ulakan Tapakis tersebut kasat mata awamnya diduga sangat asal jadi dan terindikasi Mark Up.

Karena anggaran yangΒ  nilai oleh anggaran proyek tersebut terlalu mahal jika hanya untuk rehab Ruang Kelas.

β€œSebelumnya saya sudah menanyakan pada pihak sekolah terkait proyek tersebut, namun dijelaskannya kalau proyek tersebut hanya merehab ” Ungkapnya.

β€œTentunya sangat tidak masuk akal jika merehab ringan Ruang menghabiskan anggaran sebesar itu” sambungnya
Sedangkan terpisah terkait permasalahan ini ketika di konfirmasi Telfon dengan pihak Pelaksanaan proyek.

β€œKami selaku pelaksana di lapangan mengerjakan rehab bangunan sesuai arahan dari dinas dan fasilitator lapangan dan RAB”.Katanya.

Baca Juga :
Calo Kamar RSUD di DKI Jakarta Keluarkan Duit Rp,200 Baru Ada Kamar

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Padang Pariaman Drs Anwar,M.Si mengaku sudah turunkan Tim ke lapangan,”Kita Sudah Turunkan Tim Komtek untuk Monotoring dan evaluasi pekerjaan.Ungkapnya”(zl tjg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here