20 Tahun Jalan Kampung Karangkletak Gedangrowo, Jadi Lintas PT Pakerin

0
53

Sidoarjo-Zonadinamikanews.com
Berdasar pada Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tahun 2006 tentang jalan. Status dan Kewenangannya dikelompokkan menjadi 5, yakni Jalan Nasional, Jalan Provinsi, Jalan Kabupaten, Jalan Kota, dan Jalan Desa.

Jalan Desa merupakan jalan umum yang menghubungkan kawasan dan/atau antar permukiman di dalam desa, serta jalan lingkungan, kewenangan pengelolaan jalan desa berapa pada Pemerintah Desa (Pemdes) yang dilaksanakan oleh Kepala Desa atau pejabat pemangku wilayah yang ditunjuk.

Jalan sepanjang kurang lebih 200meter di RT05/RW02 kampung/dusun Karangkletak, Desa Gedangrowo, Kecamatan Prambon, Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur ini, sel di lintasi puluhan truck tronton bertonase 10 ton lebih mengarah ke PT Pakerin, selain berdampak kebisingan, debu, getaran yang meretakan struktur bangunan pemukiman.

Selain itu juga megkhawatirkan keselamatan dan kenyamanan warga setempat,

Truk tronton atau Dumptruk yang memiliki tonase lebih dari 10ton, diketahui bermuatan garam, batubara, serta muatan lainnya, yang sudah berlangsung selama kurang lebih berjalan 20tahun.

Terkait hal ini, Amin pemerhati lingkungan yang mengaku dari Lembaga Swadaya Masyarakat Green World asal Surabaya ini angkat bicara,” Tidak seharusnya truk lintas masuk perkampungan, seperti PT Pakerin yang menghadap ke jalan raya ini, untuk kebutuhan bahannya dengan tonase besar melewati jalur kampung, dan merugikan warga sekitar, demi kepentingan suatu golongan, hal ini patut dicurigai ?!,” Ujanya.

Lebih lanjut,” Banyak faktor terkait truck bertonase besar itu lewat jalan kampung atau dusun tepatnya dusun Karangkletak, bisa karena jarak, kucing kucingan menghindari oknum atau bisa jadi diarahkan oleh oknum, ini sangat menarik, dimana akan terlihat kinerja petugas, baik pemdes, kepolisian, dishub, ataupun petugas lainnya, kami pastikan kami akan segera turun tangan untuk ungkap siapa siapa oknum atau pejabat yang bermain, dalam hal ini.” Tutupnya.
(dr)

Baca Juga :
PA Bekasi Utara Paksa Pasutri Cerai Dengan Rekayasa Akte.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here