Dinas Perdagangan Bangun Pasar Rakyat Di Sawangan Depok

0
125

Depok-Zonadinamikanews.com.Pasar rakyat mulai dibangun di lahan kosong eks sub terminal angkutan kota (angkot) yang berlokasi di wilayah Sawangan Permai oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Depok. Pembangunan tersebut karena kebutuhan warga Sawangan yang agak kesulitan belanja kebutuhan dapur karena jarak yang jauh ke pasar Rebo, Bedahan.

Saat ditemui dilokasi pembangunan ,Senin (6/7/2021) Kasi Sarana Dinas Perdagangan dan Perindustrian Meydiyan Zahedy.ST mengatakan,”bahwa pembangunan pasar rakyat dibangun mulai hari ini dan akan selesai 26 Desember 2021.Biaya pembangunan pasar berasal dari anggaran PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) Provinsi dan melalui APBD Kota Depok juga pergeseran tahun anggaran ,”ungkapnya.

Ditambahkannya,pembangunan pasar rakyat ini senilai Rp.7,4 Miliar ,dari Pusat 10 Miliar tapi karena proses lelang disitu ada biaya-biaya ,seperti biaya umum,konsultan pengawas,design dan lainnya.Pekerjaan ini selama 120 kalender dengan luas lahan 3600 meter dan bangunan 1600 meter yang terdiri dari 55 kios dan 104 los.

“Istilah pasar tradisional sudah tidak ada lagi,berdasarkan permintaan,sekarang pasar rakyat tapi acuan kita, pasar prototep mengejar ke SNI.Harapan kami dengan terbangunnya pasar rakyat disini,munculnya pusat perekonomian baru ,yang membantu ekonomi warga sekitar.Mengurangi PKL yang berada di padar Rebo yang di Bedahan yang menjadi keluhan-keluhan warga di Perumahan Riveria ,memakmurkan para pedagang.Pesan kami je oara pedagang berusahalah yang telah disiapkan pemerintah,”jelasnya.

Konsultan Pt.Bumi Madani Helmi Ahmad saat ditemui dilokasi kegiatan juga menyatakan,”bahwa pasar yang dibangun pasar model baru,tidak sama dengan yang lain,dengan perencanaan pembangunan satu lantai ,serta dapat menampung kendaraan yang parkir bisa mencapai kisaran 1000 kendaraan ,”ungkapnya.

Sementara itu, seorang warga sekitar Sawangan Permai Rosmina menyambut baik pembangunan pasar rakyat yang berlokasi di Sawangan Permai.
“Selama ini , kami warga Sawangan , Bojongsari, Parung Bingung, Bedahan, Pasir Putih serta disekitarnya bila hendak berbelanja cukup jauh.โ€œSaya dan teman ibi-ibu biasa ke pasar Parung , Kemiri Muka , Itu kan cukup jauh,”ungkapnya.
Berikut ini daftar pasar tradisional yang dilihat dari situs Disperindag Kota Depok :
Pasar Kemiri Muka ,Pasar Depok Lama ,Pasar Depok Jaya ,Pasar Agung ,Pasar Tugu Palsi Gunung-Cimanggis , Pasar Cisalak , Pasar Sukatani , Pasar Pucung Raya , Pasar Citayam , Pasar Gandul , Pasar Musi Baru , Pasar Segar Satpas SIM 1221 , Pasar Segar Cinere.

Baca Juga :
Pj. Walinagari Koto Panjang Netti, S.Sos, Realisasikan BLT

(des-ish)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here