BPPSDMP Laksanakan Sosialisasi Pedoman SIMURP TA 202.

0
21

KARAWANG-Zonadinamikanews.com.Guna memaksimalkan kinerja para pengelola Strategic Irrigation Modernization and rgent Rehabilitation Project (SIMURP) Pusat dan daerah, BPPSDMP melaksanakan Sosialisasi Pedoman SIMURP TA 202.

SIMURP merupakan proyek yang bersumber dari Loan Agreement antar Pemerintah Indonesia dengan World Bank (WB) dan Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB). Pengelolaannya ada pada lintas empat Kementerian dan Lembaga yaitu BAPPENAS, Kementerian PUPR, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Pertanian.

Dengan adanya hal tersebut Wilayah TUB 24 dan TUB 25 mbentukan Revitalasi Perkupulan Petani Pemakai Air (P3A) tahun 2021 yang di gelar di Dusun Wagir RT.09/04 Desa Talagajaya Kecamatan Pakisjaya Kabupaten Karawang, Selasa (6/9/2021).

Dalam pembentukan P3A tersebut di hadiri sekitar 20 orang dan di hadiri Camat Pakisjaya yang di wakili Kasie PMD Supandi dan pegawai Desa Talagajaya, dalam pembentukan tersebut di sepakati ketua P3A Andi Ripani dengan Nama Kelompok Kubang Jaya Tani.

Wadah Perkumpulan Petani Pemakai Air merupakan himpunan bagi petani pemakai air yang bersifat sosial-ekonomi, budaya, dan berwawasan lingkungan. P3A dibentuk dari, oleh, dan untuk petani pemakai air secara demokratis, yang pengurus dan anggotanya terdiri dari unsur petani pemakai air. Hal tersebut dikatatakan Ketua Tenaga Pendapaing Masyarakat (TMP) Desa Talagajaya Ahmad Husaeni dalam sambutannya, Selasa (6/9/1021)

Lanjut Ahmad Husaeni, kita membentuk P3A untuk pengairan irigasi , yaitu kesadaran para petani untuk mengelola petani pengairan irigasi, makanya kita bentuk P3A agar berjalan dengan baik , karena P3A di Desa- desa lain yang saya tahu, tidak berjalan dengan baik atau tidak aktif. Dengan adanya Program SIMURP ini yang di naungi lintas Kementrian Dalam Negeri. Oleh sebab itu kita bentuk kembali kelompok tani P3A di Desa Talagajaya Kecamatan Pakisjaya ini agar berjalan dengan baik. Ujarnya

Baca Juga :
Kraoke Tutup Paksa "Langgar Perda Nomor 8 Tahun 2oo7"

โ€œSaya berharap kepada masyarakat tani Khususnya Desa Talagajaya umumnya Kecamatan Pakisjaya Kabupaten Karawang, adanya kesadaran untuk mengelola air, agar hasil pertanian lebih bagus, melipah. Agar P3A ini bukan hanya sekedar nama saja, teatapi keaktifan dan kratifitasnya harus berjalan dengan baik.โ€ Harapan Ahmad Husaeni

Disisi lain di tempat yang sama menururt Ketua P3A Kubang Jaya Tani Andi Ripani, dengan Pembentukan P3A ini agar bisa memiliki fasilitas untuk mengatasi masalah- masalah pertanian di Desa Kami (Talagajaya-Red), dan ini baru kali terbetuk dengan nama P3A โ€œKubang Jaya Taniโ€, ujarnya , Selasa (6/92021) siang kepada awak media

Lanjut Andi Ripani, โ€œharapan saya dengan di bentuknya Kelompok P3A ini agar bisa mengatasi pengelolan air dengan baik dan sampai saat ini belum ada pemghubung tanggul ke sawah dan penghubung air, sehingga para petrani harus memukul jarak yang sangat jauh, dan semoga dengan adanya pembentukan P3A bias terbentuk infrastuktur pertanaian.โ€ Tutupnya. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here