Dugaan Penampung Kayu Hasil Curian Dilindungin Oknum Polisi Kehutanan Humbanghas dan Ancam Wartawan

0
1241

Humbang Hasundutan-Zonadinamikanews.com. Seorang oknum pengusaha penampung kayu di Parlilitan Kabupaten Humbang Hasundutan merasa risih karena lokasi penampungan kayu miliknya di foto oleh wartawan yang sedang melakukan aktifitasnya sebagai jurnalis atau pencari berita. Dan berdasarkan infromasi yang didapat wartawan media ini,bahwa pemilik pegusaha/Panglong tersebut milik yang biasa disebut Bram Sihotang.dan yang selalu mengantar kayu disebut-sebut bernama Ganda Sinambela ย bersama dengan 3 orang karyawan.

Berdasarkan informasi tersebut, wartawan media ini (E.Tumanggor-red) berusaha melakukan klarifikasi terkait perizinan yang dimiliki oleh pengusaha kayu tersebut, saat ditanya, bukan jawaban yang diterimah wartawan, namun sifat arogansi yang di pertunjukan pada wartawan.

Hasil pantauan media ini pengusaha kayu atau panglong yang berada di dari desa Sibul Bulon ke desa Sihastonga di bongkar di lokasi Usaha kayu atau Panglong yang disebut milil Bram Sihotang tepatnya di jalan makam Sisingamangaraja dusun huta Dalan desa Sihastonga Parlulitan tepatnya pada 26 Agustus 2021 pukul 19.00 wib.

Disebut juga bahwa pemilik kayuย ย  dan Turk adalah Ganda Sinambela,patut diduga kayu hasil perambahan hutan atau ilegal loging, dan diduga selaku penadah ya Bram Sihotang.

Atas dugaan penimbunan kayu hasil curian tersebut, ketika wartawan ini menghadap ย UPT KPH 13 yang diterima oleh Bernat Purba, dan kapulht 13ย  Sinurat di Kantornya Jalan Sudikalang Doloksangul pada tanggal ย 04 agustus 2021.dan pihaknya berjanji akan melakukan pengecekan ke lokasi penampungan tersebut.

Sering dengan temuan tersebut, dan diduga para terduga mafia kayu tersebut dan berupaya mengintimidasi wartawan dengan melemparkan berbagai kata-kata yang bernada ancaman.

Simak kronologis kejadianya. Pada tanggal 03 Agustus 2021 tepat pukul 07 .00 wib saya berkunjung ke rumah Edi Tumanggor yang juga wartawan media ini, dan saat saya jalan hendak mau mandi di tengah jalan persis didepan rumah nya Pak Bram Sihotang,dia menjumpai saya dan menghadang saya dan berkata โ€œkau marga apa,kau bukan orang disini,kau tidak boleh tinggal disini ,kalau kamu tidak meninggalkan huta (Kampung) ini atau tetap ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย berada di rumah pak Edi M Tumanggor,akan kumassakan kamu,karena kamu buat keributan di sini (huta on).

Baca Juga :
Kabid Dikmen Surabaya: Kita Sudah Panggil Kasek Dan Komite SMPN 52 Terkait Pengembalian"

Dengan akat-kata ancaman tersebut, lalu saya jawab, keributan apa yang saya lakukan,lalu pak Bram S,lalau Bram mengatakan โ€œsaya bisa gelap kalauย  kamu berada di sini ( di rumah Edi M Tumanggir), Saya jawab lagi, ย tidak ย ada hak saudara mengusir saya di mana pun saya berada ini NKRI.

Seakan dia tidak terimah akan jawaban saya, Bram kembali menyerang kata dengan kata-kata ย ancaman yang saat itu dia bersama Istri nya dan juga disaksikan banyak orang dan tetangga Edi M Tumanggor dan juga sejumlah orang yang diduga sengaja dibawah mau menyerang saya.

Belum puas melemparkan kata-kata ancaman, Bram terus ngocek dan menuduh saya telah melaporkan usahanya penampunhan kayunya saya ke Dinas Lingkungan Hidup dan Hutanย  (LHK)ย  Sumatra Utara, karena menurutnya, petugas Polhut Sumatra utara datang ke tempat Usaha Panglong kayunya untuk mempertanyakan hal keabsahan Izin Usaha Kayu/Industriย  dan asal usul kayu yang di olah di Perusahan yang dia kelola.

Sesuai dengan ย Peraturanย  Perundang undangan NKRI.UU NO 18 tahun 2013.pengawasan hutan,dan Usaha Kayu adalah kewenangan Dinas Kehutaban.(jadi bisa saja trik nya menghalang halangi tugas wartawan,mengacam masyarakat agar usahanya aman) .Tolong katua di tambah dgn kata yg menarik ,lembaga terkait ttg hutan ,pemerintah dan penegak hukum.segera di tindak.moloย  mengusir orang/menganggu kemerdakanย  katua, aoakah menyakut hak azasi manusia.on ma kronologis peristwa pengancaman tu au katua.baen katuai ma nalebih baik.mauliate.salam. (tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here