Warga Jangga Toruan Lumbanjulu Tuding Kades Plintat Plintut Terapkan Peraturan

0
577

Toba, Zonadinamikanews.Com – Warga Desa Jangga Toruan Kecamatan Lumbanjulu mengaku sangat kesal atas tindakan RM, Kepala Desa setempat karena menghentikan iringan musik pada acara adat atas penguburan seorang warga setempat.

Umri, salah seorang anak dari Almarhumah Minta Simatupang (93) pada Rabu (28/07/2021) menyampaikan kepada awak media menuding RM telah membuat “Jebakan Batman” saat berlangsung acara adat tersebut.

“Padahal keluarga kami sebelumnya sudah koordinasi kepada Ibu Kepala Desa RM bahwa acara penguburan akan dilangsungkan seperti biasa sebab almarhumah sudah sangat ujur.

Saat itu RM sama sekali tidak menyinggung ataupun memberitahukan terkait Surat Edaran Bupati Toba tertanggal 15 Juli 2021 tentang aturan kegiatan penguburan yang hanya boleh dilangsungkan dalam waktu 2 x 24 jam dan tidak menyinggung tentang larangan memasang musik,” ulas Umri.

Karenanya, pihak keluarga saat ini merasa sangat dirugikan atas tindakan RM yang tiba tiba menghentikan musik saat acara adat berlangsung. “Tanpa pemberitahuan, dia asal menghentikan musik,” pungkasnya.

Terkait hal itu, untuk perimbangan pemberitaan, RM tidak berhasil dihubungi awak media melalui telpon selulernya berulang ulang kali bahkan hingga berita ini dikirimkan.

Sementara itu, M Butar butar, Camat Lumbanjulu ketika dikonfirmasi mengtatakan bahwa tindakan kepala desa itu sudah sesuai aturan.

“Saya sudah mendengar berita itu, dan pengakuan kepala desa bahwa sudah diberitahukan sebelumnya kepada keluarga Almarhumah tentang Peraturan Bupati tersebut,” terang Camat. (JP)

Baca Juga :
Warga Sesalkan Gustug Covid19 Toba Biarkan Kerumunan Demonstrasi di Balige Kota

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here