KKN UBP Karawang 2021 di Desa Cinta Asih-Pangkalan Secara Online dan Berkarya

0
137

Karawang – ZonaDinamikanews.com,Tema KKN : “Sinergi Membangkitkan Ekonomi Di era New Normal” Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan agenda rutin tahunan Universitas Buana Perjuangan Karawang sebagai agenda akademik, kegiatan tersebut harus tetap berjalan meskipun pada tahun 2021 ini masih dalam pandemi Covid-19.

Dengan kondisi tersebut, maka diputuskan KKN pada tahun ini dilaksanakan secara online. Semuanya dikoordinasikan secara virtual/online.

Sebagai mahasiswa dalam melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) secara online tentunya menjadi tantangan untuk tetap menjalankan salah satu kewajiban dalam bentuk Pengabdian kepada Masyarakat, akan tetapi Mahasiswa berfikir kreatif berkarya dan berupaya dengan segala hal dalam menjalankan KKN tersebut agar tetap berjalan dan Sukses.

Tentunya melalui Media sosial seperti WhatsApp, Zoom, Google Meet, dan media komunikasi lainnya.

Dalam kegiatan KKN ada beberapa tugas dan kewajiban Mahasiswa yang harus terealisasikan seperti Program kerja yang akan dilaksanakan melihat dari potensi dari Desa Cintaasih dan membuat kajian tentang Profile desa dan kelurahan (PRODESKEL) dan membantu aparatur desa dalam mensukseskan Prodeskel.

Mahasiswa yang bertugas KKN di Desa Cintaasih sangat bersemangat dan merasa senang dengan Kegiatan KKN walaupun dengan sistem Online, karna dengan KKN Mahasiswa bisa mengaplikasikan apa yang sudah didapat dalam pembelajaran kepada masyarakat sekitar di Desa Cinta Asih.

Mahasiswa berkomunikasi via Zoom dengan pihak desa Cintaasih yakni diwakili oleh Bapak Wacep Hidayat selaku Sekertaris Desa (Sekdes) membahas tentang mayoritas kegiatan warga setempat dan membahas permasalahan yang ada di sekitar Desa Cintaasih, dan menentukan Program kerja dengan membuat rancangan UMKM, yakni Pedagang Sayur Keliling dan Penjual Kue Cucur serta merancang pembuatan TUGU pembatas Desa Cinta Asih.

Dengan segala upaya Mahasiswa tetap berkarnya dan tidak menjadikan kendala, Malah dengan system KKN Online mahasiswa dapat berfikir kreatif terhadat program yang telah ditentukan, dalam kurang dari 3 pekan mahasiswa sudah dapat mengaplikasikan Program kerja tersebut seperti pembuatan Spanduk UMKM, membuat Surat Keterangan Usaha dari Desa untuk dijadikan Legalitas, membuatkan Link Online seperti pemasaran di Facebook, Whatsapp, dan media sosial lainnya, dan mencantumkan lokasi UMKM tersebut dalam google Map.

Baca Juga :
Seleksi O2SN, Kasudin Pendidikan Jaktim Tegaskan "Tak Ada Diskriminasi Antar Sekolah"

Serta program update Profile desa dan kelurahan masih dalam proses Input kedalam sistem Prodeskel. Kemudian Karya Mahasiswa tidak berhenti disitu saja, untuk membuat KKN di Desa Cinta Asih berkesan.

Mahasiswa melanjutkan Perancangan pembuatan TUGU Pembatas desa Cinta Asih yang akan di garap di pekan depan. setiap kegiatan yang akan di rencanakan didiskusikan bersama dengan TIM KKN desa Cinta Asih bersama Pihak Desa dan diberikan arahan oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Mahasiswa Mengucapkan Terimakasih kepada Desa Setempat yang sudah mengijinkan dan memberikan informasi terkait hal yang diperlukan dalam program KKN, Semoga dengan menjalin silaturahmi menjadikan hubungan lebih baik antara Desa Cinta Asih Dengan Universitas Buana Perjuangan Karawang.(zdn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here