PT.Teksil Asiatex Cikampek Dipidanakan Karena Tidak Lapor Karyawan Positif Covid-19

0
93

Karawang-Zonadinamikanews.com.Pabrik tekstik Asitex di Kecamatan Cikampek Kabupaten Karawang terancam dijerat pidana menggunakan Undang-undang No. 4 tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular dan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

Ancaman pidana dalam aturan itu bisa penjara dan denda dari Rp 1 juta hingga RP 100 juta. Pabrik tekstil itu mendapat surat peringatan pertama setelah dinilai melanggar protokol kesehatan.

Ketua Satgas Covid-19 Karawang yang juga Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana mengatakan, pihaknya memanggil perwakilan pabrik tekstil Asitex untuk diberikan surat peringatan pertama.

“Kita berikan peringatan pertama, nanti kalau sampai tiga kali. Kita serahkan kepada Polres Karawang,” kata Cellica di Makodim 0604, Selasa (6/7/2021).

Disebutkan Cellica, pemanggilan terhadap pengelola pabrik A, merupakan tindak lanjut dari hasil inspeksi mendadak (Sidak) yang dilakukan Satgas pada Senin malam (5/7/2021). Saat itu, Satgas menemukan pelanggaran di mana pihak pabrik tidak membentuk tim Satgas di perusahaannya.

“Dari hasil penelusuran kami ditemukan 53 karyawan pabrik A, yang positif Covid-19. Namun mereka tidak melapor sehingga kami kesulitan melakukan tracing,” katanya.

Kapolres Karawang AKBP Rama Samtama Putra menegaskan, bukan tidak mungkin setiap pelanggar prokes individu, kelompok maupun perusahaan bisa dikenakan pidana dengan Undang-undang Wabah dan Undang-undang Kekarantinaan Kesehatan.

“Kalau peringatan tidak didengar, maka bisa dikenakan pidana,” ujarnya. (zdn)

Baca Juga :
Polres Tobasa Ungkap Sejumlah Kasus Narkoba Dalam Ops Antik 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here