PT TPL Berikan Bantuan Untuk Kembangkan Budidaya Maggot BSF di Parmaksian

0
129

TOBA-Zonadinamikanews com.Peduli dengan lingkungan, PT Toba Pulb Lestari Tbk (TPL) dukung masyarakat Parmaksian untuk mengolah sampah organik dalam budidaya Lalat atau Maggot BSF (Black Soldier Fly) sebagai pakan alternatif ternak.

Officer Community Development (CD) PT TPL, Hema Butarbutar saat dikonfirmasi media ini mengatakan PT TPL tetap berkontribusi dalam hal program yang positif seperti yang telah dilakukan oleh beberapa desa di kecamatan Parmaksian dalam mengolah limbah pasar juga limbah rumah tangga dengan budidaya Maggot BSF.

“Sebelumnya PT TPL sudah memfasilitasi masyarakat khususnya di Kecamatan Parmaksian dalam pembinaan dan pelatihan terhadap delapan orang untuk pengembangan budidaya Lalat BSF. Sebagai trainersnya adalah ibu Kurniara Simanjuntak. Nah, dialah yang mentrainers (melatih) masyarakat pembudidaya lalat BSF tersebut dari beberapa desa, seperti Desa Dolok Nauli, Desa Banjar Ganjang, Desa Pangombusan, Desa Tangga Batu I, Desa Tangga Batu II dan bahkan ada dari Kecamatan Silaen,” jelas Hema di Desa Pangombusan, Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba, Kamis (8/7/2021).

Lanjutnya, PT TPL memberikan bantuan berupa media ember sebanyak 120 unit sebagai tempat berkembangnya Maggot BSF dan tempat mengurai sampah organik masyarakat Kecamatan Parmaksian.
Maggot BSF tersebut akan diberikan pada ternaknya masing-masing seperti Ikan, bebek, ayam, babi dan ternak lainnya.

“Kami berharap masyarakat yang membudidayakan Maggot BSF ini. Akan tetapi, masyarakat kecamatan lainnya juga dapat membudidayakannya,” tutur Hema.

Selanjutnya, salah satu penerima bantuan media budidaya Lalat BSF tersebut sekaligus sebagai trainers Kurniara Simanjuntak (43) mengaku sangat berterimakasih kepada pihak PT TPL atas kontribusi yang diberikan kepada mereka.

“Saat ini kami sudah dapat memproduksi sekitar 50 kg Maggot BSF tiap harinya untuk pakan ayam. Mudah-mudahan dengan bertambahnya media budidaya Lalat BSF ini, produksi Maggot BSF kami kedepannya semakin bertambah. Terimakasih PT TPL yang selalu memberikan kontribusinya terhadap masyarakat. (RMS)

Baca Juga :
Dana KJP 2016 Tahap I Cair

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here