Tangkap Masyarakat Dan Oknum ASN Yang Garap Hutan CA di Agam

0
192

Agam-Sumbar,Zonadinamikanews.com.Hutan Cagar Alam (CA) yang berada di kampung melayu RK 09 Jorong II Balai Ahad kec.Lubuk Basung Jab. Agam Sumatera Barat,yang patutnya dilindungi dengan kealamian hutannya malah di alih fungsikan oleh beberapa oknum yang tak bertanggung jawab dengan menggarap menjadikan kebun kelapa sawit.

Tidak hanya itu,Hutan lindung(HL),dan hutan produksi juga tidak luput dari garapan mereka,yang mana telah melanggar UU,Undang-undang Konservasi keanekaragaman Hayati,UU RI No. 18 Tahun 2013, tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan, UU RI No 39 Tahun 2014, tentang Perkebunan, UU RI No 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, UU RI No 5 Tahun 1990, UU No 41 Tahun 1999, UU RI No 11 Tahun 2020 tentang kehutanan.

Informasi yang berhasil dihimpun, tidak sedikit hutan yang mesti dilindungi itu yang ditumbangkan. โ€œLebih kurang 80 hektar kata beberapa warga. Aktivitas itu telah berlangsung sejak lima tahun terakhir, tapi terkesan dibiarkan saja, apakah ada oknum orang dalam yang terlibat?, belum dapat informasi yang pasti. Tapi yang jelas masing-masing penggarap telah menikmati hasil, berton-ton buah kelapa sawit dan pundi- pundi Rupiah setiap bulannya. Lokasi kebun sekitar 8 km dari jalan umum Lubuk Basung-Malabur.

Kepala BKSDA Resor Agam Ade Putra ketika dihubungi awak media Senin (26/7/2021), mengakui, hutan yang sudah terlanjur dialih fungsikan oknum ASN dan masyarakat itu, pada tahun 2014 sudah pernah dieksekusi, tapi ketika akan memasuki lokasi, petugas dihadang emak-emak, dan anak. Untuk menghindari bentrokan dan hal-hal yang tidak diingini, akhirnya petugas mundur, tapi Ade Putra menjelaskan, ketika itu ia belum bertugas di BKSDA Resor Agam.

Ade Putra, mengaku sering patroli ke lokasi, ditanya informasi kepada pemanen sawit, ia mengaku tidak mengetahui siapa yang punya, pengakuannya, ia hanya disuruh untuk panen. Kini persoalan sudah di tangan Polres Agam,dan beberapa anggota polres Agam juga ikut turun kelapangan dalam upaya penyelidikan.

Baca Juga :
Bangunan Berlapis 5 Berdiri Di Pejagalan Tanpa Miliki IMB

Hanya sampai saat ini polres agam masih melakukan pengembangan belum bisa menentukan hukum apa yang patut di berikan,Yang jelas panen Tandan Buah Segar (TBS) sawit tetap berlanjut.

(FR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here