Ini Tuntutan Sejumlah Aliansi Pada TPL Dihadapan Para Wakil Rakyat

0
174

Balige, Zonadinamikanews.com – Usai menyampaikan aspirasi kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toba yang diterima langsung oleh Bupati, Ir Poltak Sitorus beberapa hari lalu, kini 6 Aliansi Serikat Buruh dan Serikat Pekerja (SB/SP) tampak mendatangi gedung DPRD Toba di Balige.

Kedatangan Aliansi SB/SP pada Kamis (24/06/2021) itu tampak langsung disambut oleh Ketua DPRD Kabupaten Toba, Effendy P Napitupulu didampingi beberapa rekannya seperti Fauzi Sirait dan Sabaruddin Tambunan.

“Kami, Aliansi SB/SP yang terdiri dari SBI, SBSI 92, SPN, SEJATI dan KSB 91 datang menghadap para anggota dewan terhormat sebagai wakil rakyat untuk menyampaikan perihal situasi operasional PT Toba Pulp Lestari Tbk (tpl-red),” sebut Berlin Marpaung, Juru Bicara Aliansi SB/SB tersebut.

“Situasi saat ini, berkembang isu yang cukup ramai di media sosial yang meminta penghentian operasional PT TPL, dimana hal Ini menjadi polemik yang tidak masuk akal menurut kami,” lanjut Berlin.

“Hanya karena isu permasalahan lahan antara TPL dengan masyarakat berimbas kepada tuntutan tutup TPL. Tolong hal ini ditindak lanjuti pak dewan,” tambahnya.

Diterangkannya bahwa bila isu ini tidak segera dihentikan maka bisa saja menjadi suatu permasalahan yang serius yang akan mengancam keberlangsungan hidup ratusan bahkan ribuan anggota keluarga dari buruh dan karyawan PT TPL.

Salah seorang rekannya, Marcopolo Manik menambahkan bahwa karena isu yang terus berkembang tanpa ada upaya penghentiannya telah mengakibatkan keresahan yang cukup serius saat ini bagi para buruh dan pekerja di TPL.

“Kami, Aliansi SB/SP di TPL tidak menginginkan nantinya ada gesekan antara yang memihak dan tidak atas keberadaan PT TPL. ino harus segera dihentikan dan diselesaikan serta dicari solusi,” katanya.

“Jangan ditunggu sampai masalah besar, hendaknya pemerintah dan dewan campur tangan menengahi dan menjembatani kedua belah pihak. Jangan ditunggu hingga ada kotvan baru dicampuri,” tambahnya.

Baca Juga :
KSBSI Kapuas Sampaikan 7 Tuntutan Di Momen Hari Buruh Nasional

“Negara kita adalah negara hukum, hendaknya persoalan itu diselesaikan melalui jalur hukum,” lanjutnya.

Selain itu, Marcopolo mengharap agar pemerintah dan legislatif dapat membuat edukasi kepada masyarakat, sehingga seluruh kepentingan tidak atas pribadi, namun kepentingan bersama.

Menanggapi tuntutan Aliansi SB/SP itu, salah seorang anggota DPRD Toba, Fauzi Sirait menyatakan bahwa permasalahan di Desa Natumingka sudah diterima pihaknya dimana dalam surat tersebut dibahas tentang konsesi lahan dan bukan penutupan TPL.

“Aspirasi ini akan menjadi prioritas bagi pembahasan kami. Kami juga tidak ingin hal ini menjadi polemik yang berkepanjangan,” sebut Fauzi.

“Namun demikian, kami juga meminta PT TPL supaya lebih mengoreksi kinerjanya apakah ada yang menyalahi sehingga muncul tuntutan penutupan?” ucapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD, Effendy Napitupulu mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan bertemu pemerintah membahas aspirasi Aliansi buruh dan pekerja itu.

“Aspirasi ini menjadi prioritas kami dan secepatnya kami akan upayakan jawaban,” tegas Effendi P Napitupulu seraya mengimbau agar seluruh lapisan masyarakat tidak termakan isu miring namun saling menahan diri. (JP).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here