Pelaksana Kegiatan Pakai Dana RTLH Nagari Bawan untuk Keperluan Pribadi?

0
341

AGAM-Zonadinamikanews.com. Sungguh keterlaluan oknum pelaksana kegiatan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) tahun 2020 di Nagari Bawan, Diduga sekitar 30 jutaan dana Pembangunan RTLH berani di pakai untuk keperluan pribadi oleh oknum inisial “DD” yang ditunjuk sebagai pelaksana kegiatan di Nagari itu.

Hal itu terungkap dikarenakan belum di setorkannya uang untuk bahan bangunan kepada toko Bangunan sebagai pihak ketiga penyedia material yakni CV Surya Baru di Bawan, Kecamatan Ampek Nagari, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Walinagari Bawan Kamiruddin ketika dikonfirmasi Senin tanggal 1 Februari 2021 lalu, membenarkan adanya dana kegiatan RTLH yang dipakai oleh perangkat Nagarinya dan belum diserahkan ke toko bangunan surya baru oleh oknum pelaksana kegiatan.

Di jelaskan Walinagari terkuaknya masalah tersebut setelah pihak toko bangunan mengirimkan surat pada Pemerintah Nagari Bawan. ” Dalam surat tersebut membeberkan rincian dana yang belum di setorkan oleh Pihak pelaksana dari Nagari Bawan,” sebut Kamiruddin.

Dikatakan, sebagai Walinagari, Sekna, dan bendahara Nagari telah mencoba untuk memediasi antara oknum pelaksana kegiatan inisial “DD” agar membayar ketinggalan tagiahan dari toko bangunan surya baru sekitar Rp 30 jutaan.

” Kami sebagai pihak Nagari juga telah meminta bantuan dari pihak keluarga “DD”, agar “DD” segera membayar kekurangan tagihan tersebut. Mengingat masalah ini telah di ketahui oleh DPMN Kabupaten Agam,” jelas Walinagari belum lama ini.

Lebih lanjut, dikarenakan surat yang di kirim oleh pihak toko bangunan di tembuskan juga kepada DPMN Agam. ” Maka kami dari pihak nagari juga menjawab surat pihak toko dengan memberi tembusan pada DPMN Agam,” jelasnya lagi saat itu.

Disambung pula oleh Walinagari, pada saat periode pertama dana RTLH sesuai dengan peraturan yang ada, dana untuk 10 unit rumah sudah di kucurkan 100% pada pelaksana kegiatan yaitu inisial “DD”.

Baca Juga :
Dugaan Korupsi Dana BOS SMKN 2 Kota Bekasi,Kepsek Tutup Mulut

” Di karenakan ada permasalahan belum dibayarkan, sehingga pengucuran dana kedua untuk 8 unit rumah langsung dikirimkan pada rekening toko Surya Baru,” sebut Walinagari pula.

Sementara, ketika dikonfirmasi kepada “DD” yang sebagai pelaksana kegiatan RTLH Nagari Bawan tersebut. Ia mengakui kalau uang tersebut dipakai untuk keperluan pribadi.

” Memang uang tersebut saya pakai untuk keperluan keluarga yang mendesak waktu itu,” ungkap “DD” mengakuinya di Pasar Bawan belum lama ini.

(HONEST)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here