Pesona Wisata Alam Pulau Kelor Yang Masih Perawan dan Sensual

0
210

Oleh:Richard Bon

NTT,Zonadinamikanews.com-Pulau Kelor merupakan salah satu dari gugusan pulau yang terletak di kawasan Taman Nasional Komodo (TNK). Secara administratif, pulau Kelor termasuk ke dalam wilayah administrasi kabupaten Manggarai Barat, Flores, provinsi NTT, Indonesia. Pulau mungil nan indah ini berlokasi tak jauh dari kota pariwisata super premium Labuan Bajo, Manggarai Barat.

Dari Labuan Bajo, perjalanan ke pulau ini menghabiskan waktu selama 30 menit one way, dan dapat dijangkau dengan menggunakan transportasi laut yang disewakan dari Labuan Bajo, karena fasilitas berupa trasportasi umum belum tersedia sama sekali.

Perjalanan dari Labuan Bajo menuju pulau Kelor sungguh mengagumkan, dimana saat para pengunjung berada di atas kapal wisata yang ditumpanginya, mereka akan disuguhkan dengan panorama alam pulau Flores yang memukau dan pesona kota Labuan Bajo serta indahnya gugusan pulau mungil nan cantik lainnya yang dapat dinikmati sepanjang perjalanan ke spot wisata ini.

Pengunjung juga dapat menikmati keindahan air laut berwarna biru dan torkuois. Bahkan ketika anda beruntung anda dikejutkan semacam pertunjukan alam di sekitar perairan laut Flores, dimana ikan Lumba-Lumba kerap kali menunjukkan kebolehannya dengan bermain dan bahkan kadang melompat-lompat di bagian depan anjungan kapal wisata yang ditumpangi para wisatawan. Bila anda berkesempatan menyaksikan moment ini, tentu saja akan menambah sensasi perjalanan wisata anda ke tempat ini.

Kadang, karena keasikannya menikmati keindahan panorama alam yang asli dan atrakttif sepanjang perjalanan menuju pulau ini, waktu pun kadang tak terasa, hingga anda menyadari ternyata anda telah tiba dan menginjakkan kaki di pulau kecil nan cantik ini, yang oleh warga lokal menamakannya Pulau Kelor.

Kelor adalah sejenis tanaman liar yang dalam bahasa latin dikenal dengan nama moringga. Tanaman ini dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari oleh warga lokal baik utk sayur-sayuran maupun untuk pengobatan tradisional. Menurut orang lokal bahwa konon di pulau ini dulunya ditumbuhi banyak pohon/tanaman Kelor. Sehingga warga lokal menamai tempat ini, Pulau Kelor atau ‘pulau yang ditumbuhi banyak tanaman Kelor’.

Baca Juga :  Terorisme Bukan Jihad

Walaupun tempat wisata ini tak sepopuler dengan pulau-pulau lainnya yang terdapat di dalam kawasan Taman Nasional Komodo, seperti pulau Komodo, Padar, Kanawa dll, namun pulau ini sebenarnya menyimpan banyak pesona wisata alam yang sangat luar biasa indah dan menakjubkan.

Pulau yang banyak ditumbuhi rerumputan ilalang dan beberapa jenis tumbuhan tropis lainnya di sebagian garis pantai, juga terdapat view point yang sangat luar biasa indah dengan ketinggian 50 meter di atas permukaan air laut. View point ini juga menjadi salah satu daya pikat yang paling menonjol bagi wisatawan yang datang ke pulau ini.

Bagi para pengunjung yang datang ke spot wisata ini, tentu saja belum afdol bila mereka belum melakukan aktivitas trekking sampai ke atas puncak bukit ini. Karena puncak bukit tersebut marupakan salah satu highlight dari spot wisata ini. Kondisi pendakian yang agak menantang akan sedikit menguras stamina anda. Waktu yang dihabiskan selama pendakian tersebut kira-kira 10-20 menit.

Namun rasa letih sesaat yang anda alami selama trekking, tentu akan sirna seketika, karena terobati oleh pancaran pesona alam yang sangat menggoda hati bagi setiap pengunjung yang datang ke tempat wisata ini.

Dari puncak pulau mungil nan cantik ini, para pengunjung dapat menikmati panorama alam Flores berupa jejeran gunung yang ditumbuhi rerumputan ilalang, dan dibaluti air laut berwarna biru dan turkuois. Selain itu anda juga dapat menikmati keasrian gugusan pulau mungil yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Komodo yang telah go-global. Para pengunjung juga dapat melihat keindahan kota pariwisata super premium Labuan Bajo dan panorama alam sekitarnya.

Di atas puncak ini, anda juga dapat mengambil foto dan berselfie ria yang berlatarkan pesona alam daratan dan lautan. Dijamin hasil jepretan anda pasti tak akan mengecewakan. Bahkan semua gambar yang diabadikan dari tempat ini dapat digunakan sebagai profil di setiap beranda pada media sosial milik anda.

Baca Juga :  Menyibak Keangkeran Sungai Denai

Di sini, anda juga bisa mengambil foto yang menggabungkan pesona alam pantai berwarna putih dari pulau ini dengan air laut berwarna biru bercampur torkuois serta dilatari oleh bentangan alam landskap pulau Flores berupa jejeran bukit dan gunung bak berbaris apik dan rapih, sehingga membuat foto anda, niscaya akan menjadi sangat unik dan terpesona bagi siapa pun yang mengintipnya.

Selain kegiatan trekking ke puncak bukit pulau ini untuk berfoto-foto dengan sentuhan pesona alam yang genuine, anda juga dapat menghabiskan waktu untuk bersantai dan jalan-jalan di hamparan pantai berpasir putih sambil menikmati nuansa alam berupa hempasan ombak ringan yang mencium bibir pantai berpasir halus dan putih mulus.

Nuansa alam lain yang akan anda rasakan selama berada di tempat ini ialah tiupan angin pantai sepoi-sepoi yang berhembus dari lautan lepas yang disatupadukan dengan desiran angin segar dari alam pegunungan pulau Flores, hingga membuat jiwa dan raga anda jatuh ke dalam indahnya pesona pelukan pulau mungil ini.

Bila anda gemar dengan kegiatan snorkeling, jangan lupa membawa peralatan renang dan perlengkapan snorkeling, karena tempat ini juga menjadi surga tersembunyi bagi hewan-hewan bawah laut yang dapat anda temukan selama aktivitas snorkeling. Hewan bawah laut tersebut diantaranya adalah Terumbuk karang, Sponges (bunga karang), Nemo, berbagi jenis Ikan dengan beraneka warna, Kerang laut, Bintang laut, dan pelbagai jenis flora dan fauna laut lainnya yang sungguh unik dan asri untuk dinikmati selama aktivitas snorkeling di spot wisata ini.

Bagi anda yang amat fanatik dengan aktivitas olahraga air seperti snorkeling, anda dapat ber-snorkeling mengelilingi pulau kecil ini. Dijamin pasti anda terpukau dengan keindahan bawah laut di tempat ini. Arus laut di tempat ini tidak sekuat arus di tempat lain di seputaran wilayah Taman Nasional Komodo, karena di sekitar tempat ini terdapat beberapa pulau kecil lainnya, sehingga terpaan gelombang dan arus kencang dari laut Flores dapat dihalau oleh pulau-pulau ini.

Baca Juga :  Mamteng Se-Jawa Dan Bali Mempertanyakan Dana Pemondokan

Visibilitas air laut di tempat ini juga sangat jelas, jernih dan bening serta kondisi airnya yang cukup tenang, sehingga tempat ini tak pernah terlewatkan oleh para Pelancong yang ingin mengeksplorasi spot-spot wisata di seputaran Taman Nasioanl Komodo. Saking bersih dan beningnya air laut di tempat ini kerap kali pengunjung dapat melihat langsung dengan mata telanjang sekumpulan ikan kecil beraneka warna yang sedang bermain-main. Jika anda beruntung, kadang kala anak ikan Hiu juga ikut menepi ke air dangkal nan jernih di sepanjang garis pantai pulau ini, seakan ingin meyapa dengan ramah-tamah bagi setiap pengunjung tempat ini dengan sapaan akrabnya “welcome to our paradise”.

Nah, asyik kan? Ayo! Jangan ketinggalan. Mari berwisata ke pulau Kelor agar anda merasakan sensasinya, sehingga anda juga dapat menulis kisah anda sendiri dari tempat ini.

Catatan bagi para Pengunjung.
Dimohon bagi para pengujung tempat ini, agar tidak membuang sampah sembarangan.
Untuk diketahui bahwa di pulau ini, belum memiliki fasilitas pendukung kegiatan pariwisata yang memadai. Hanya terdapat satu dermaga kayu untuk menambat kapal wisata. Selain itu juga terdapat satu pondok kecil untuk beristirahat dan untuk ruang ganti bagi para pengunjung yang melakukan kegiatan olahraga air.

Di tempat ini juga belum memiliki hotel dan restoran. Sehingga bagi anda yang ingin berwisata ke tempat ini, diharapakan untuk membawa bekal berupa makanan, peralatan renang, dan perlengkapan perjalanan lainnya yang dianggap penting selama berwisata ke destinasi ini.

Itulah deskripsi singkat tentang spot wisata pulau Kelor dan serangkaian aktivitas wisata yang dapat dilihat dan dilakukan oleh para wisatawan, bila berkunjung ke pulau ini.

Sekian dan terima kasih!. Selamat berwisata ke pulau Kelor!. Salam Pesona Indonesia!!!

Penulis: Adalah Pelaku Pariwisata Labuan Bajo

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here