Banjir Terjang 3 Desa di Kecamatan Banda alam, Ratusan Rumah Terendam

0
120

iDI -Zonadinamikanews.com. Hujan lebat yang mengguyur Kecamatan Banda Alam, Kabupaten aceh timur sejak malam membuat sungai meluap dan merendam pemukiman warga pada Jum’at (01/01/2021).

Setidaknya ada tiga desa yang terdampak banjir di Kecamatan Banda Alam aceh timur. Banjir setinggi sebahu orang dewasa merendam permukiman warga, sekolah, dan kantor desa.

Kepala Desa Blang Rambong ( Kades) Kecamatan banda alam, Sarmadi. mengatakan banjir melanda Desa blang rambong, Jambo Rehat dan Desa Benteng sangat parah dan mengawatirkan masyarakat.

Selain itu, banjir terparah terjadi di Desa Jambo rehat, Kecamatan Banda alam.

“Di Desa Blang rambong ada ratusan rumah di sekitar bantaran sungai dan saluran irigasi terendam banjir. Sementara Tiga desa di Kecamatan banda alam, saat ini masih dilakukan pengungsian juga Dapur umun, bantuan dari dinas sosial dan juga dari pihak swasta yang di salur bantuan beras 5 Kg, Indomie 5 buah, kecap dan saus per kk kata Sarmadi. saat diwancarai awak media zonadinamika.com, sabtu siang.

Ia mengatakan, banjir terjadi akibat curah hujan mengguyur Kecamatan banda alam dan sekitarnya sejak pukul 4. 00 WIB hingga 7 hari berturut – turut.

Tingginya curah hujan membuat air sungai dan Saluran irigasi meluap merendam permukiman penduduk ke 3 Desa.

Ia menegaskan, banjir yang melanda sejumlah daerah itu membuat warga mengungsi.

“Sementara korban jiwa tidak ada cuma beberapa rumah rusak di bawa arus banjir,” kata dia.

Ia menuturkan, saat ini genangan air di lokasi yang terdampak berangsur naik.

Meski demikian, pihaknya bersama tim awak media dan LSM GMBI Distrik Aceh Timur reaksi cepat terus memantau lokasi yang terdampak sembari melakukan kaji cepat.

“Di samping itu, tim LSM GMBI meminta pemerintahan aceh timur dan melalui Dinas Sosial menyiapkan bantuan tanggap darurat untuk diberikan kepada warga yang terdampak banjir sangat parah,” jelasnya.saiful anwar. (ful)

Baca Juga :
Ditemukan Lagi Ular di Pamulian Pemalang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here