Masih Ada 37 Kades Petahana Belum Selesaikan Temuan Dalam LHP

0
158

Karawang-Zonadinamikanews.com. Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kabupaten Karawang gelombang II yang akan dilaksanakan pada 21 Maret 2021 mendatang, merupakan momok berat bagi beberapa para Kepala Desa (Kades) Petahana yang sampai saat ini belum bisa menyelesaikan temuan dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) saat Pemeriksaan Khusus Akhir Masa Jabatan Kepala Desa (Riksus AMJ Kades) yang sudah dilakukan oleh Inspektorat Kabupaten Karawang beberapa waktu silam.

Karena berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Karawang Nomor 14 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah Kabupaten Karawang, dimana Inspektorat Kabupaten Karawang merupakan instansi yang secara fungsional bertugas melakukan pengawasan, yang bertugas dan bekerja atas perintah Bupati serta menyampaikan semua laporan hasil pengawasan langsung kepada Bupati, termasuk Riksus AMJ Kades pada akhir masa jabatannya.

Laporan dari Inspektorat ini sangat penting karena salah satu tahapan sebelum Bupati mengeluarkan surat rekomendasi kepada Kades Petahana. Para Kades dipaksa harus terlebih dahulu harus menyelesaikan temuan dalam LHP sampai batas akhir yang sudah ditentukan.

Menurut Kasubag Evaluasi dan Pelaporan Inspektorat Karawang Didin Saepudin, ketika dikonfirmasi melalui sambungan telepon selulernya mengatakan, dari 140 desa baru ada 103 yang sudah menindaklanjuti temuan, dan sisanya 37 desa belum menindaklanjuti temuan.

“Berdasarkan data dari DPMD sebanyak 177 desa akan melaksanakan pilkades, Kades Incumbent ada 140 desa, yang sudah menyelesaikan LHP baru 103 sampai kemarin (Selasa 19/1), sisanya 37 desa kita tunggu sampai tanggal 22 Januari besok, tapi jika memang besok belum selesai juga, kita layani sampai batas akhirnya tanggal 26 Januari jam 12 malam, karena itu adalah batas akhir surat rekom dari Bupati,” ujar Didin, Rabu (20/1).

“Temuan LHP yang belum selesai kita kasih waktu sampai tanggal 26 Januari terakhir, itu terakhir harus selesai pokoknya, karena tanggal 26 itu rekomendasi Ibu Bupati sudah keluar kepada kepala desa, bahkan diusahakan Jumat ini (22/1) terakhir, karena ada proses penandatanganannya,” tuturnya.

Baca Juga :  Gawat, Bakal Calon Kades Batujaya Tidak Terima Kelulusan

Lebih jauh lagi Didin menanggapi, jika ada Kades Petahana yang sampai batas akhir belum juga menyelesaikan temuan berdasarkan LHP Inspektorat, maka pihak DPMD harus menyampaikan ke Bupati perihal tersebut.

“Kita sampaikan dulu progresnya, semuanya 177 dulu baik yang sudah selesai seratus persen maupun yang tidak ke DPMD, nanti gimana dari DPMD menyampaikannya ke Bupati,” pungkasnya. (***)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here