Sampai hari Ini, Belum ada Gugatan ke MK Terkait Hasil Pilkada Jember 2020

0
28

JEMBER -Zonadinamikanews. Hingga Senin sore (21/12/2020) belum ada pasangan calon kepala daerah di Jember yang mengajukan gugatan Pilkada Jember 2020 ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Padahal hari ini merupakan batas akhir bagi paslon untuk mendaftarkan gugatan ke MK. Ketua KPU Jember M Syai’in mengatakan hingga sore ini, pihaknya belum mendapatkan pemberitahuan adanya gugatan tersebut.

“Sampai sore ini belum ada pemberitahuan adanya gugatan ke MK,” ujar Syai’in. Senin (21/12/2020).
21 Desember merupakan hari terakhir pendaftaran gugatan sengketa hasil Pilkada ke MK bagi calon kepala daerah Jember.

Hal ini terhitung tiga hari kerja sejak ditetapkannya hasil penghitungan suara Pilkada Jember pada Kamis (17/12/2020).

Syai’in menuturkan, jika ada gugatan maka MK akan memberitahu KPU RI. KPU RI kemudian meneruskan ke KPU daerah yang menjadi tergugat.

“Kalau nanti memang ada, tentunya ya akan kami hadapi. Mekanismenya akan diawali dengan pemeriksaan pendahuluan, untuk menentukan apakah gugatan tersebut layak atau tidak diteruskan ke pembuktian,” lanjut Syai’in.

Seperti diberitakan, KPU Jember merampungkan rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penghitungan hasil Pilkada Jember, Kamis (17/12/2020).

Hasilnya, pasangan calon kepala daerah nomor urut 2, Hendy Siswanto – Muh Balya Firjaun Barlaman keluar sebagai peraih suara terbanyak di Pilkada Jember 2020.

Urutan selanjutnya adalah pasangan petahana, Faida – Dwi Arya Nugraha Oktavianto. Terakhir pasangan Abdussalam – Ifan Ariadna Wijaya.

(Dani)

Print Friendly, PDF & Email
Baca Juga :  Seminar Kebangsaan Dalam Rangka Peringati HUT TNI Ke-71 Tahun 2016.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here