GMBI Distrik Aceh Timur Desak KIP Anggaran CSR yang Wajib Dikeluarkan Perusahaan

0
144

Aceh Timur -Zonadinamikanews – Ketua Distrik GMBI Aceh Timur Yusri Mempertanyakan mengenai Keterbukaan Informasi Publik Terkait Penyaluran Dana CSR
Berapa persenkah dana CSR yang wajib dikeluarkan perusahaan setiap tahunnya?

Mempertanyakan Mana Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan
Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (“UU PT”) menyebut Corporate Social Responsibility (“CSR”) dengan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (“TJSL”).

TJSL adalah komitmen Perseroan Terbatas (“PT”) untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi perseroan sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya.

Yusri Mengatakan, Pasal 2 Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas (“PP 47/2012”) mengatur bahwa setiap PT selaku subjek hukum mempunyai tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Perlu digaris bawahi bahwa berdasarkan PP 47/2012, kewajiban melaksanakan TJSL hanya ditujukan bagi PT yang menjalankan kegiatan usaha di bidang dan/atau yang berkaitan dengan sumber daya alam (“SDA”) berdasarkan undang-undang.

PT yang menjalankan kegiatan usaha yang di bidang SDA adalah PT yang kegiatan usahanya mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam, sedangkan PT yang menjalankan kegiatan usahanya yang berkaitan dengan SDA adalah PT yang tidak mengelola dan tidak memanfaatkan sumber daya alam, tetapi kegiatan usahanya berdampak pada fungsi kemampuan sumber daya alam termasuk pelestarian fungsi lingkungan hidup.

GMBI Aceh Timur “Abu yus” (panggil sehari2) Menjelaskan dalam Evaluasinya di Lapangan Bahwasanya Perusaan2 Yang Ada Di Wilayah Kabupaten Aceh Timur, Terkait Penyaluran Dana CSR atas kepedulian sosial nya Perusahaan Kepada Masyarakat Bahwa nya Perusahaan Melakukan Penyaluran nya Sendiri Tampa Ada Melibatkan Forum CSRyg ada di Aceh Timur , Walau Pun Ada Perusahaan2 yg Menyalurkan Dana CSR Ke Forum CSR Itu Sangat Minim. Meskipun suatu perusahaan tidak menjalankan usaha di bidang SDA, apabila kegiatan usaha yang dilakukan berakibat pada kerusakan lingkungan atau menurunnya fungsi kemampuan SDA, perusahaan tersebut wajib melaksanakan TJSL.

Baca Juga :  Pelayanan Prima RSUD Dr.M.Ashari Pemalang

Menurut Divisi Investigasi GMBI distrik Aceh Timur Saiful, Mahkamah Konstitusi (“MK”) dalam Putusannya Nomor 53/PUU-VI/2008 disebabkan karena PT yang mengelola SDA berkaitan dengan Pasal 33 ayat (3) Undang-Undang Dasar 1945 sehingga negara berhak untuk mengatur secara berbeda .

Selain itu, MK juga berpendapat bahwa kewajiban melaksanakan tanggung jawab sosial juga berlaku terhadap badan usaha lain seperti Koperasi, CV, Firma, dan Usaha Dagang berdasarkan ketentuan Pasal 15 Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal (“UU Penanaman Modal.

Besaran Dana TJSL Perusahaan Setiap Tahunnya Baik UU PT maupun PP 47/2012 selaku peraturan pelaksananya tidak mengatur spesifik besaran minimal dana yang wajib dialokasikan untuk TJSL.

Pasal 74 ayat (2) UU 40/2007 hanya mengatur bahwa TJSL merupakan kewajiban PT yang dianggarkan dan diperhitungkan sebagai biaya PT yang pelaksanaannya dilakukan dengan memperhatikan kepatutan dan kewajaran.

Dalam praktiknya, beberapa daerah telah mengatur besaran minimal anggaran TJSL dalam Peraturan Daerah (pergub).Namun Peraturan Perda (perbub) Aceh Timur Belum Menetapkan besaran minimal Dengan Sempurna. Sudah Seharus Nya Bupati Aceh Timur Dan DPRK Aceh Timur , Untuk Membuat Perda/Qanun yg terkait Dana CSR Juga Sangsi Apa Yang Harus Diberikan Pada Perusahaan Yang Tidak mau menyalurkan Dana CSR Nya.

Ketua Investigasi GMBI Aceh Timur Memberi Pandangan Sebagai contoh, kami merujuk kepada Pergub Provinsi Aceh tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas serta Program Kemitraan dan Bina Lingkungan.

Mengatur bahwa pembiayaan pelaksanaan TJSL dialokasikan sebesar minimal 3% dari keuntungan bersih perusahaan setiap tahunnya.ungkap Saiful.(zdn)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here