FREN Gelar Penguatan Kapasitas Karang Taruna di Desa Tiwu Tewa dan Bheramari

0
203

ENDE. ZonadinamikaNews.com – Yayasan Flores Children Development ( FREN ) mitra ChildFund Internasional yang berada di Indonesia melaksanakan kegiatan Penguatan Kapasitas Bagi Karang Taruna di Desa Tiwu Tewa kecamatan Ende Timur Sabtu ( 14 / 11 / 2020 ) dan Senin ( 16 / 11 / 2020 ) di Desa Bheramari
Kecamatan Nangapenda Kabupaten Ende.

Hadir dalam kegiatan tersebut adalah Kepala dinas Sosial Perlindungan Perempuan dan Anak ( P3A ) Kabupaten Ende Marmi Kusuma, SH pengurus Yayasan FREN Antonius Te, Project Koordinator FREN Maria M. Pelapadi Kepala desa Tiwu Tewa Petrus Pape untuk kegiatan di Tiwu Tewa dan di Bheramari Pua Salama selaku kepala desa. Peserta karang taruna di desa yang ikut serta dari desa Tiwu Tewa 23 orang Desa Bheramari 18 orang.

Fransiska Natalia selaku penanggung jawab kegiatan melalui media ini mengungkapkan Forum orang muda/Karang Taruna adalah organisasi kepemudaan di Indonesia. Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda non partisan yang tumbuh atas dasar kesadaran dan atas dasar tanggungjawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat khususnya generasi muda di wilayah Desa/Keluarahan atau komunitas sosial sederajat yang terutama bergerak di bidang kesejahteraan sosial.

Sebagai organisasi sosial kepemudaan Karang Taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangan kegiatan ekonomi produktif dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia di lingkungan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang telah ada ujar Siska Natalia.

Maria M. Pelapadi Koordinator Project Yayasan FREN menyampaikan pada tahun fiskal 2020-2021 FREN medampingi 16 forum orang muda (Karang Taruna) tingkat desa yang menjadi fokus dari 58 desa dampingan diwilayah Ende, Sikka dan Flores Timur.

Lanjut Lentje sapaan akrabnya FREN membangun kerja sama dengan pemerintah desa untuk sama-sama mendampingi forum orang muda/karang taruna serta memonitor semua kegiatan-kegitan yang dilakukan oleh orang muda. Selain itu untuk meningkatkan tingkat partisipasi, kreatifitas dan kerja-kerja forum orang muda FREN juga merekrut pendamping forum masing-masing 1 orang pendamping di 16 desa fokus.

Baca Juga :  Mancing Masal Di Lima Titik, Meriahkan Hut Karawang Ke 384

Tujuan dari kegiatan pada wilayah desa Tiwu Tewa dan Bheramari adalah
Pertama Meningkatnya pembinaan dan pemberdayaan kepada orang muda baik dalam bidang keorganisasian, ekonomi, olahraga, keterampilan, advokasi dan keagamaan. Kedua Meningkatnya jumlah partispan anak dan orang muda dalam kegiatan-kegiatan di forum/ karang taruna
Kegiatan Forum Anak muda dan karang taruna lebih kreatif dan terarah dengan program kerja dan kelembagaan yang baik
Orang muda mampu mengadvocasi keberadaan forum anak/ karang taruna kepada pemerintah desa pungkas Lentje

Lentje berharap Output dari kegiatan ini Forum orang muda dan karang taruna di dua desa yang sudah di bentuk kapasitasnya menjadi Roh bagi anak dan orang muda lainnya untuk berkumpul, bermain dan juga sebagi tempat untuk berdiskusi terkait isu-isu anak dan orang muda serta isu dilingkungan masyarakat. Orang muda / karang taruna mampu mendesain program kerja dan
Pemerintah desa juga harus melibatkan anak dan orang muda dalam proses tegasnya.

Kadis Sosial P3A kabupaten Ende Marmi Kusuma, SH dalam materinya tentang Etika orang Muda dan Pemberdayaan di Desa mendorong kawula Muda Untuk membangun desa merebut peluang emas melalui program karang Taruna Desa. Sudah saatnya orang Muda bangkit untuk memberdayakan potensi potensi di Desa.

Anak – anak ku di Desa kita banyak potensi. Mari rebut itu manfaat kan waktu dan kesempatan untuk pemberdayaan Ekonomi kreatif ini sudah saatnya mau tunggu kapan lagi…?

Dari dinas Sosial P3A kami di beri ruang dua remaja putri dalam waktu dekat untuk perwakilan dari kabupaten ende mengikuti pelatihan ketrampilan di Kupang, jadi saya langsung saja mengutus dua remaja putri mewakili desa Tiwu Tewa dan Bheramari ya.. nanti aku kabarin lewat bapak desa. Setelah mengikuti pelatihan fokus ya nak cetus kadis dengan suara halusnya.

Baca Juga :  Zvara Rilis Single Kedua Berjudul “Sosok Merah”

kades Bheramari Pua Salaman senin ( 16 /11/2020 ) di acara penutupan memberikan apresiasi kepada Yayasan FREN mitra ChildFund yang telah membantu pemerintah desa dalam penguatan kapasitas bagi karang taruna desa. Semoga dengan kegiatan ini membantu pola pikir generasi kami di desa. Sebagai pemerintah desa tentunya kami sangat mendukung jika ada karang taruna yang sudah memulai usaha ekonomi kreatif nya. Kita siapkan membantu dalam hal modal usaha tuturnya. ( ZDN )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here