Dana PISEW di Kecamatan Madina Ini Teridikasi Kuat Terjadi Dugaan Korupsi

0
179

Madina-Zonadinamikanews. Kegiatan Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) yang dikucurkan oleh Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR RI Tahun Anggaran 2020.Guna Pengembangan Infrastuktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) dengan anggaran APBN Rp.600 juta/Kecamatan yang rata-rata mendapatkan antara 2 Desa dan 3 Desa.setiap desa rata-rata mendapat anggaran Rp.300 juta.

Tujuan dana adalah untuk pembangunan infrastuktur kawasan (misal perkerasan jalan,perbaikan jembatan).

Sesuai dokumen yang dimiliki media ini, Data yang mendapatkan anggaran tersebut termasuk Kecamatan Panyabungan Barat, untuk Desa Barbaran dan Desa Batang Gadis Jae. Serta Kecamatan Huta Bargot untuk Desa Simalagi dan Desa Huta Bargot Nauli.

Dalam prakteknya dan sesuai penelusuran wartawan media di lapangan, ditemukan kejanggalan yang terindikasi terjadinya dugaan untuk mempermainkan anggaran demi kepentingan pribadi oknum pejabat.

Selain itu l, Indra yang disebut-sebut sebagai camat Huta Bargot Kabupaten Mandailing Natal diduga telah memberikan informasi bohong, juga disinyalir ada upaya membuat anggaran tersebut mengisi pundi-pundi oknum kecamatan yang diduga bekerja sama dengan oknum desa dan kelompok.

Selain itu, dugaan pelanggaran teknis penggunaa dana PISEW ini rawan terjadi istilah fatgulifat dan berpotensi merugikan masyarakat banyak khususnya masyarakat di desa pinggiran.

Ada pengakuan aneh yang terucap dari Kecamatan Panyabungan Barat dan Kecamatan Huta Bargot Kabupaten Madina berbedah dengan data yang dikeluarkan Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR RI.

Sebab data Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR RI Kecamatan Panyabungan Barat, untuk Desa Barbaran dan Desa Batang Gadis Jae. Serta Kecamatan Huta Bargot untuk Desa Simalagi dan Desa Huta Bargot Nauli. Dengan rician Rp.300 juta/Desa.

Namun sesuai pengakuan dari pihak kecamatan, dari empat desa tersebut hanya dua desa yang mendapat di dua kecamatan tersebut, namun besaran anggaran Rp.600 juta.Diduga ada oknum yang berupaya dana PISEW ini lahan korupsi demi memperkaya diri dan keluarganya.

Baca Juga :  Luar Biasa, PT Cladtek Abaikan Panggilan Disnaker Kota Batam, Ada Apa?

(Faisal Haris)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here