Benarkah Pembangunan Puskemas Sedati Konspirasi Berjamaah?

0
137

Sidoarjo-Zonadinamikanews.com.Berdasar info keluhan warga dan pantauan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), sebuah pelaksanaan proyek yang dikejar deadline kontrak kerja, pekerjaan pembangunan Puskesmas Sedati Kabupaten Sidoarjo dalam satuan kerja oleh Dinas Perumahan dan Tata Ruang diduga ugal ugalan konspirasi jasa konsultan jadi emblem wayang, jurnal laporan kontrol harian yang direkayasa.

Diketahui proyek pembangunan Puskesmas Sedati bernilai Rp 6,991M dimenangkan PT.AMZAR KARYA dengan nilai kontrak 5.992.832.788,05, dengan pengawasan konsultan pengawas PT.PRIMA CIPTA CONSULTANT, yang diduga banyak kelalaian atau kesengajaan yang dibuat, seperti tahap perakitan besi balok lantai atap terindikasi tidak sesuai RKS (Rencana Kerja dan Syarat).

Lebih lanjut, bekisting balok dan perancahnya dibongkar minim waktu, kurang lebih 4-5 hari sudah dibongkar, bertujuan agar segera naik ke tahap pemasangan bata ringan, yang saat ini telah terpasang, tampak beton balok sudah ada lendutan dan tampak melengkung. Ditambah, pengurugan lantai tanpa pemadatan dan penyiraman dengan water tanker, rabatannya pun seharusnya juga readymix K300 tapi hanya dicor dengan molen kecil, juga pemasangan bondek tidak sesuai perencanaan, pekerjaan balok dan kanopi keliling.

Tampak jelas pengerjaan proyek ini mengejar deadline namun melanggar pedoman konstruksi, yang mengakibatkan bangunan tersebut menjadi cacat. Terlebih lagi keselamatan jiwa tenaga pekerja tidak menggunakan APD (Alat Pelindung Diri), mengingat pentingnya keselamatan jiwa.

Dalam hal ini Rosyid LSM Korak Devisi Pengaduan, angkat bicara,” Proyek itu tampak adanya jurnal laporan yang direkayasa, seperti membuat jurnal survei, pengkajian tehnik, analisis, manejemen pemyelenggara kontruksi, dan juga tidak luput keselamatan tenaga kerja, ditambah lagi, pihak dinas kurang serius dalam melaksanakan tugas negara yang diemban, patut di curigai adanya konspirasi berjamaah, yang berpotensi merugikan keuangan negara” jelasnya.

Baca Juga :  Alokasi Dana BOS SDN Cibadak 01 Bandung Rawan Mark Up?

(dr.mr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here