Progres Pembangunan TPS 3R Desa Kutanegara Maksimal

0
107

Karawang,Zonadimikanews.Com- Program Kementerian PUPR RI melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya yang menggulirkan Kegiatan Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) di seluruh Provinsi, kini mulai berjalan tahap pelaksanaan.Salah satu Program kegiatan IBM yang digulirkan diantaranya Pembangunan Sarana Prasarana Tempat Pengolahan Sampah (TPS) 3R Citarum Harum dengan anggaran Rp.600 juta yang berlokasi di Desa Kutanegara, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang.

Pembangunan TPS 3R (Reduce,Reuse,Recycle) merupakan sistem pengelohan sampah menggunakan teknologi. Tujuannya adalah sebagai solusi dalam mengatasi persoalan sampah dan dampak yang ditimbulkan.

Melalui TPS 3R diharapakan persoalan pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh sampah dapat dikurangi dan juga bisa menghasilkan produk-produk yang bernilai ekonomis dari sampah yang telah diolah.Teknologi TPS 3R merupakan sistem pengolahan sampah dengan inovasi teknologi mesin pencacah dan pengayak kompos yang efektif dan efesien.Hasil pengolahan sampah organik berupa kompos bisa digunakan untuk pupuk tanaman hias dan herbal yang ditanami dilahan sekitar TPS yang kelak bisa perjual belikan.

Terkait dengan Pembangunan TPS 3R di Dusun Cigembol Rt 03.Rw 02 Desa Kutanegara yang dilaksanakan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Bina Lingkungan Kutanegara yang diketuai Ana,kini dalam tahap finishing.

Pemantauan media ini bersama Media Rakyat dilapangan (24/10), progres pelaksanaan terlihat maksimal dan hasilnya optimal.Kendatipun masa pelaksanaan mulai dari 16 Juli 2020 hingga pertengahan Nopember (selama120 hari), namun melihat dari progres pelaksanaan yang sudah tercapai,dipastikan pekerjaan phisik bangunan dan fasilitasnya bisa selesai sebelum jatuh tempo.

Ana,Ketua KSM Bina Lingkungan Kutanegara ketika diwawancarai dilokasi TPS 3R mengatakan,pada awalnya warga kurang mendukung adanya pembangunan TPS ini.Namun setelah dilakukan sosialisasi, akhirnya warga menerima dan mendukung program ini. Kelak,sampah rumah tangga akan dikumpulkan dan diolah di TPS ini untuk bisa digunakan kembali.Mengenai progres pekerjaan,setiap hari saya laporkan ke Provinsi dan Kabupaten.

Baca Juga :  Disperindag Pemprovsu Bersama Koperindag Tobasa Gelar Pasar Murah

Selama pelaksanaan pekerjaan,TFL dari Provinsi dan Kabupaten rutin datang untuk mengontrol pekerjaan.Mudah mudahan pekerjaan phisik bangunan dan fasilitasnya bisa selesai tanggal 30 Oktober. Selanjutnya TPS ini akan diserahkan kepada Kelompok Penerima Mamfaat (KPM) sebagai pengelolanya. (Luhut)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here