Pokdarwis Green Talao Park dikunjungi Tim Penilai GIPI Award 2020 tingkat Sumatera Barat.

0
77

Padang Pariaman-Zonadinamikanews.com. Kawasan Ekowisata dan edukasi “Green Talao Park” (GTP) Nagari Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakis, kabupaten Padang Pariaman, masuk 5 besar Nominator GIPI Award tahun 2020 tingkat Sumatera Barat. Untuk melakukan penilaian itu, Tim Visitasi dari Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Provinsi Sumatera Barat turun ke lokasi untuk melihat pengelolaan administrasi, SDM dan pelaksanaan program kegiatan di Pokdarwis Green Talao Park nagari Ulakan, Kamis (22/10).

Ketua Pelaksana Seleksi Nominator GIPI Awards 2020 Sumbar, Dede Hakim menyebutkan visitasi dan penilaian yang dilakukan terhadap kawasan Ekowisata dan Edukasi GTP nagari Ulakan kabupaten Padang Pariaman ini, adalah dalam kategori Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) terbaik.

“Kita melakukan visitasi lapangan ini, untuk mencocokan instrumen proposal dan data yang telah dikirimkan ke Panitia Seleksi GIPI Award tingkat Provinsi Sumatera Barat. Penilaian itu pada bidang pengelolaan Administrasi sejak awal berdiri, sampai kegiatan Visitasi kita hari ini” ujar Dede Hakim yang juga Ketua AELI Sumbar itu.

Kata dia, DPD GIPI Sumbar saat melakukan penilaian GIPI Award tahun 2020, terdiri dari Nominator Desa Wisata Terbaik, Pokdarwis Terbaik dan Penggiat/Penggerak Wisata Terbaik.

Kegiatan GIPI Award ini, sebut Dede, begitu penting memberikan apresiasi dan pembinaan kepada stakeholder di gress root pariwisata. Agar terwujud sumber daya manusia (SDM), iklim pariwisata yang kondusif serta terciptanya pariwisata yang berkelanjutan berbasis Nagari atau Desa.

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Padang Pariaman Jon Kenedi, S.Sos.MM. mengucapkan selamat datang dan terimakasih atas kunjungan Tim Visitasi ke kawasan Ekowisata dan edukasi GTP di nagari Ulakan.

“Kita persilahkan Tim Visitasi melalukan penilaian Pokdarwis yang mengelola Ekowisata dan edukasi GTP Ulakan ini. Dan berikanlah yang terbaik, semoga GTP nagari Ulakan akan mampu pula berbicara di pentas Nasional nantinya” ujar Kadis yang didampingi oleh Anesa Satria Kasi Trantib. Kecamatan Ulakan Tapakis.

Baca Juga :  Launching Organ Tunggal Ratu Musik Eris

Ketua Pokdarwis Green Talao Park nagari Ulakan Syahrul Mubarak, S.Pd. mengekspos kegiatan dan program yang bertema Sinegritas Program Sadar Wisata, Sapta Pesona Nagari Ulakan.

Ia mengakui, masih baru dalam mengelola pariwisata berbasis nagari yang disertai gerakan ekonomi kreatif ini. Namun demikian, mengelola GTP harus mengikutsertakan kesemua unsur dalam masyarakat termasuk pemilik lahan.

“Setelah beberapa bulan berjalan yang didukung dengan program dari Kementerian Desa. Alhamdulillah, kami dapat sambutan dari semua pihak di Nagari Ulakan. Perekrutan tenaga dilakukan secara terbuka dan ketat, mengacu kepada Peraturan Nagari dan SOP yang telah disepakati bersama sebelumnya” ungkap Syahrul.

Kemudian, dilanjutkan sesi tanya jawab dan peninjauan lapangan. Tim Visitasi GIPI Award dipimpin Dede Hakim,SPd.Elp. (Ketua AELI Sumbar), Joni Mardianto,M.Par. (Wakil ketua ASITA Sumbar/Ketua DPD GIPI Sumbar), Ifra Yunaldi (Dosen Akademi Pariwisata Bunda) dan Feri Candra (Anggota HPI Kota Padang).

Tim Penilai GIPI Award 2020 Sumbar, akan melakukan kunjungan secara maraton dari tanggal 16 – 26 Oktober 2020. Dalam Nominator Kategori Desa Wisata Terbaik, terpilih yakni Desa Kubu Gadang (Padang Panjang), Nagari Maligi (Pasaman Barat), Nagari Pagaruyung (Tanah Datar), Nagari Simarasok (Baso Agam) dan Desa Tungkal Selatan (Kota Pariaman).

Untuk Nominator Kategori Pokdarwis Terbaik, yang dinilai Batang Taye (Sijunjung), Green Talao Park (Padang Pariaman), Kapalo Banda Taram (Lima Puluh Kota), Kubu Gadang (Padang Panjang) dan Murai Batu Batuah (Palupuah Agam).

Sedangkan untuk Nominator Kategori Penggiat/Penggerak Wisata adalah Eko Darmawan (Pasaman Barat), Hijrah Adi Syukrial (Tanah Datar), Indra Muchlisin (TDC Pariaman), Hj.Kamsri Benty, M (Lembah Segar Sawahlunto) dan Pati Hariyos (Pasir Jambak Padang).

“Insya Allah, setelah usai melakukan Visitasi kesemua Nominator yang tersebar di berbagai Kabupaten/Kota di Sumbar, akan dilakukan sidang pleno dan diumumkan hasilnya pada tanggal 5 November 2020 mendatang,” ungkap Joni Mardianto.

Baca Juga :  Komunitas Radio Terangsari dan Facebooker Klari Buka Puasa Bersama

Pj. Wali Nagari Ulakan Irmanto,SE. merasa gembira dan senang, atas kegiatan yang dikelola anak muda nagarinya. Sehingga kawasan GTP menjadi potensi dan ikon yang dapat jadi penggerak ekonomi di Nagari.

“Semoga Pokdarwis nagari Ulakan yang menangani GTP ini, mendapat nilai terbaik. Kami mohon dukungan serta do’a dari masyarakat nagari Ulakan, baik yang berada di kampuang maupun di rantau,” harap Wali Nagari menutup pembicaraan. (AS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here